العربية العربية Nederlands Nederlands English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia 日本語 日本語

INFORMASI

FKIP UNSRI

Workshop Kurikulum Sambut AQAS Akreditasi Internasional

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (JPBS) FKIP Universitas Sriwijaya menyelenggarkan workshop kurikulum demi mempersiapkan diri menghadapi akreditasi internasional. Workshop yang bertajuk “Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI dan berorinetasi pada Outcome-Based Education (OBE)” melibatkan tiga program studi yaitu  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S-1), dan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa (S-2). Ketiganya tengah berusaha untuk mendapatkan sertifikat akreditasi dari Agency for Quality Assurance (AQAS), salah satu lembaga pengakreditasi internasional yang telah dikenal luas di dunia pendidikan.

“Dalam proses persiapan akreditasi internasional, diketahui bahwa kurikulum yang berbasis KKNI dan berorientasi Outcome Based Education (OBE) adalah sesuatu yang sangat penting. Karena itulah, FKIP memfasilitasi JPBS untuk mengadakan workshop hari ini,” ujar Prof. Sofendi, M.A., Ph.D. selaku Dekan FKIP Unsri.

Ia pun menambahkan bahwa AQAS menentukan standar kurikulum internasional, oleh karena itu workshop yang digelar selama dua hari ini mampu mengarahkan ketiga program studi  melakukan restrukturisasi kurikulum dan mengimplementasikannya relevan dengan standar.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua JPBS, Dr. Didi Suhendi, M.Hum., mengungkapkan rasa terima kasih mendalam kepada Dekan FKIP yang telah mendukung  workshop dan juga pelaksanaan akreditasi internasional di tahun 2021 ini. Hadirnya beberapa alumni yang berasal dari tiga program studi di bawah naungan JPBS mendapat apresisi yang tinggi darinya. Para alumni seperti Drs. Zulfikri, M.Pd. (mewakili alumni S2 Pendidikan Bahasa dan juga  Kepala Sekolah SMKN 6), Alpansyah, M.Pd., Ph.D (Ketua IKA alumni S1 Pendidikan Bahasa Indonesia) dan Iskandar Rosyidin, M.Pd. (Ketua IKA alumni S1 Pendidikan Bahasa Inggris) banyak memberi masukan seputar kendala dan harapan terhadap JPBS.

Workshop yang dilaksanakan di aula FKIP Unsri yang berlokasi di kilometer lima Palembang dan berlangsung selama dua hari, dihadiri para wakil dekan Dr. Hartono, M.A., Dra. Nyimas Aisyah, M.Pd., Ph.D., dan Dr. Riswan Djailani, M.Pd.  Di hari pertama, 12 Januari 2021, panitia menghadirkan Dr. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc., dosen Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada sebagai pembicara utama. Ia hadir secara daring, sementara peserta yang merupakan dosen-dosen JPBS hadir langsung di aula FKIP dengan mengikuti protokol kesehatan. Dr. Leni memberikan penjelasan secara rinci dan mengulas struktur kurikulum kedua program studi yang terlibat.

Di hari kedua, 14 Januari 2021, kedua program studi mengadakan workshop lanjutan secara paralel. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diketuai oleh Prof. Dr. Mulyadi Eko Purnomo, M.Pd., dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diketuai oleh Eryansyah, S.Pd., M.A., Ph.D. Jika di hari pertama pembahasan dilakukan secara global, di hari kedua ini tiap program studi membahas kurikulumnya masing-masing dengan lebih spesifik. Tiap program studi juga mengundang alumni, pengguna alumni, serta mahasiswa untuk memberikan masukan terhadap kurikulum yang ada.

Berdasarkan masukan-masukan yang ada, tim masing-masing program studi mempersiapkan tindak lanjut berupa perbaikan kurikulum. “Kita akan menindaklanjuti saran-saran yang diberikan dan tim akan segera bekerja untuk memperbaiki kurikulum,” pungkas Prof. Dr. Mulyadi Eko Purnomo, M.Pd.

Khusus Program Studi Magister Pendidikan Bahasa (S2) yang pelaksanaan di tingkat prodi pada hari Sabtu dengan narasumber, Prof. Dr. Mulyadi Eko Purnomo, M.Pd. Masukan-masukan yang bermanfaat untuk keberlangsungan prodi dikemukakan oleh para alumni yang sudah menjadi dekan dan kepala sekolah serta beberapa menjadi dosen di Perguruan Tinggi Swasta di kota Palembang.