العربية العربية Nederlands Nederlands English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia 日本語 日本語

INFORMASI

FKIP UNSRI

Pelaksanaan Konsultasi Karir Bersama CDC, Dosen dan Mahasiswa BK UNSRI

Epidemik covid berdampak besar pada daya serap tenaga kerja dan kelompok yang paling berdampak adalah lulusan perguruan tinggi. Bahkan ketika ekonomi membaik pun tetap akan membuat pekerja muda dan calon pekerja muda kesulitan mengejar ketertinggalan mereka dengan generasi sebelumnya. Penurunan jumlah serapan tenaga kerja akan menyebabkan permasalahan lainnya seperti peningkatan jumlah kriminalitas dan kenaikan inflasi.

Sementara itu salah satu tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas pada poin pertama ialah meningkatnya jumlah alumni yang bekerja dengan upah lebih dari UMR. Untuk membantu alumni meningkatkan performance diri CDC (Career Development Center) UNSRI dalam rangkaian UVCE 2021 mengadakan kegiatan konsultasi karir secara gratis bersama puluhan psikolog ahli dari berbagai biro konsultasi karir yang akan memberikan masukan kepada para peserta tentang permasalahan karir yang mereka hadapi secara langsung dan  individual dari tanggal 28-29 Oktober 2021 secara daring.  Ada 20 orang mahasiswa tingkat akhir dan 6 dosen prodi pendidikan BK dari FKIP UNSRI yang terlibat dan kegiatan ini menjadi ajang latihan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk melayani konsultasi karir alumni sehingga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka.

Melalui aplikasi yang terkoneksi secara langsung dan individual antara psikolog atau konselor dengan konseli, selama + 30 menit para alumni dapat mengkonsultasikan rencana karir yang mereka hadapi di dunia kerja karena sesi konseling tersebut bukan hanya melayani alumni yang baru selesai kuliah dan kebingungan dengan rencana masa depan karirnya tetapi juga alumni yang berkali-kali gagal memasuki dunia kerja maupun yang sedang merintis  tangga awal kehidupan karirnya. Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari para psikolog dan konselor karena sebagian besar ini merupakan pengalaman pertama mereka melakukan konseling jarak jauh. Menurut sigit salah seorang konselor karir  dari prodi BK FKIP UNSRI menyatakan bahwa meski tidak bertatap muka secara langsung, tidak mengurangi esensi aktivitas konseling yang dilakukan karena ekspresi dan perilaku konseli yang menjadi instrument penting bagi psikolog dan konselor dalam memberikan rekomendasi tindak lanjut dapat tetap tertangkap dengan baik melalui aplikasi yang digunakan.

Kegiatan UVCE sendiri yang berlangsung dari tanggal 25-29 Oktober 2021 berhasil menyelenggarakan 24 sesi  web binar dan diikuti secara antusias oleh 3.414 peserta alumni mahasiswa dengan materi seputar dunia kerja seperti cara membuat cv, mempersiapkan wawancara kerja, pengembangan diri, suka duka dunia UMKM bahkan berbagi pengalaman serta trik dan tips mendapatkan LOA dari universitas-universitas terkemuka di dunia dalam session scholarship days. Acara di isi oleh Psikolog, serta HRD-HRD yang berpengalaman dari berbagai BUMN dan BUMS terkemuka dalam sesi HRD Days dan Scholarship Days.

 

Pada kesempatan ini juga sebanyak  2.845 jumlah pelamar yang merupakan alumni fresh graduated dari 4 universitas penyelenggara,  mendaftar pada ratusan  posisi yang yang ditawarkan oleh 19 perusahaan-perusahaan berkelas nasional maupun lokal seperti Dexa medica, Thamrin Group, Wom Finance, Biznet, Kalbe Nutritionals, Penggadaian dan sebagainya termasuk dalam bidang pendidikan seperti dari Yayasan harapan Mulia, Yayasan Kusuma Bangsa dan Co. Learn