|

Pentaskan Drama Dulmuluk, HISKI Sumsel Libatkan para Dosen dari Sumatera sampai Papua

Berita Baru, Palembang — Himpunan Sarjana-Kesusasteraan Indonesia (HISKI) Komisariat Sumatera Selatan persembahkan pementasan drama Dulmuluk pada Sabtu (18/12) di Hotel Swarna Dwipa.

Herlan Asfiudin, Pemimpin Produksi mengatakan bahwa persembahan pertunjukkan ini adalah persembahan HISKI mulai dari Sumatera sampai Papua.

“Kami mengundang para dosen dan guru besar di Indonesia untuk menjadi pemain atau aktor dalam pertunjukkan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, sutradara pementasan, Prof Nurhayati mengungkapkan bahwa dirinya merasa bangga dapat mempersembahkan lakon asli Sumatera Selatan tersebut. Dengan 31 pemain, 13 pemain diantaranya para dosen dari Sumatera sampai Papua.

“Kami mengawali berlatih dengan para aktor, secara online, terus kami undang para pemain ke Palembang. Kami olah rasa, sukma, fisik, dan vokal. Kami menampilkan Dulmuluk sesuai pakem yang ada agar tetap khas,” jelasnya.

Aktor dalam pementasan Dulmuluk ini menyatukan para dosen yang tersebar se-Indonesia sebagai super tim.

Seusai pementasan, acara dilanjutkan dengan sesi apresiasi dan diskusi. Pergelaran Dulmuluk ini dihadiri sekretaris LPPM yang mewakili Rektor Unsri, Kepala Balai Bahasa Sumsel, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata, Ketua Cabang Pepadi, Ketua Cabang Senawangi, Ketua Cabang Masyarakat Sadar Wisata Palembang, Kepala Bank Indonesia cabang Sumsel, Kapolda, dan Pangdam Sriwijaya.

Beragam respons penonton menyatakan bangga, luar biasa, keren, mantap, menakjubkan, hebat, dan spektakuler. Bahkan ada rasa haru.

Pergelaran Dulmuluk ditutup oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

“Pergelaran seni Dulmuluk yang melibatkan pemain dari berbagai provinsi ini menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda Sumatera Selatan untuk terus melestarikan dan mengembangkan seni tradisi,” jelas Herman.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =