Observasi Lapangan Pendampingan Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMK Negeri 1 Pemulutan

Pemulutan, https://fkip.unsri.ac.id/ekonomi – Kegiatan observasi lapangan yang dilaksanakan pada Jumat (8/10) lalu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Kegiatan PPM yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pemulutan ini sudah masuk tahun kedua. Pada tahun 2020 kegiatan ini mengusung tema “Pendampingan Penyusunan Proposal PTK”, terdapat 12 orang guru peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan di tahun 2020 dan semua guru mengikuti dengan semangat kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari dengan durasi jam 32JP dan dilaksanakan melalui media webex untuk video conferencenya.

Untuk tahun ini tim PPM Prodi Ekonomi melanjutkan kembali kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat di SMK Negeri 1 pemulutan dengan tema “Pendampingan Pelaksanaan Kegiatan PTK”. Dari 12 proposal yang dikirimkan oleh peserta guru setelah melewati tahap validasi maka dipilih satu proposal PTK yang akan didampingi dalam melaksanakan kegiatan PTK nya sampai ke tahap pelaporan dan penulisan artikel ilmiah atas nama peserta guru Ibu Juwairia, S.Pd.

Kegiatan Observasi lapangan ini disambut baik oleh Kepala SMK Negeri 1 Pemulutan Ibu Rahmi Sofiah, S.Pd.,M.Pd yang berharap agar kegiatan yang dilakukan dapat memberikan kontribusi positif untuk guru, sekolah serta Program Studi Pendidikan Ekonomi. Beliau sangat mendukung kegiatan PPM yang dilakukan di sekolahnya.

Kegiatan observasi lapangan ini dibuka oleh Bapak Dr. Riswan Jaenudin, M.Pd selaku anggota tim PPM sekaligus memberikan kata sambutan mewakili Dekan FKIP Universitas Sriwijaya. Beliau memberikan penjelasan tentang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban seorang dosen, salah satunya yaitu melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat seperti yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi saat ini.

Tidak lupa juga ucapan terima kasih diberikan dari ketua tim PPM Prodi Ekonomi sekaligus sebagai Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi Ibu Dra. Dewi Koryati, M.Pd atas kesempatan yang diberikan oleh pihak sekolah dalam mendukung terselenggaranya kegiatan PPM tahun 2021 ini. Kegiatan PPM tahun 2021 ini dilaksanakan selama satu bulan mulai dari tanggal 24 September 2021 sampai 24 Oktober 2021. Selain melakukan observasi lapangan secara langsung, kegiatan PPM ini juga dilaksanakan melalui tatap maya dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah disusun dan direncanakan oleh tim, sehingga total jam yang akan diberikan kepada peserta guru sebesar 65JP.

Dikarenakan adanya keterbatasan waktu dan tenaga tim maka dari 12 orang peserta guru yang ada dipilih satu orang guru saja untuk didampingi pelaksanaan PTK nya, peserta guru lainnya diberikan kesempatan untuk menjadi guru kolaborator membantu Ibu Juwairia dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan PTK nya di dalam kelas. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PPM ini sebanyak 8 orang juga memberikan bantuan dan mendampingi Ibu Juwaira dalam mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan PTK didalam pembelajaran.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − two =