Program Studi Pendidikan Ekonomi Bersama Dua Program Studi Lainnya (PS. Sejarah dan PS.PkN)di Bawah Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unsri Melaksanakan Kegiatan Lokakarya Penyusunan RPS Berbasis Case Method dan Team Based Project

Kegiatan Lokakarya Penyusunan RPS berbasis Case Method dan Team Based Projectdi Jurusan Pendidikan IPS dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 3, 4, 5, dan 7 Februari 2022. Pembukaan kegiatan lokakarya penyusunan RPS Case Method dan Team Based Project ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 s/d pk.15.00 wib di Aula lantai 3 FKIP Kampus Palembang Jalan Ogan dan diikuti oleh seluruh dosen yang ada di program studi pendidikan ekonomi, sejarah dan pendidikan kewarganegaraan FKIP Unsri sebanyak 32 orang dosen.

Kegiatan pembukaan dibuka langsung oleh Bapak Dekan FKIP Dr. Hartono, M.A. yang sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan lokakarya hari ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan lokakarya yang dilaksanakan merupakan wujud kontribusi Jurusan Pendidikan IPS dan Program Studi untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU ke 7) dalam bidang menciptakan kelas yang kolaboratif dan partisipatif dengan melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan kegiatan kelas yang kolaboratif dan partisipatif ini memerlukan perencanaan yang tersusun serta terkoordinir dalam sebuah Rencana Perkuliahan Semester (RPS) yang berbasis Case Method dan Team Based Project.

Ditambahkan oleh ketua panitia kegiatan lokakarya Bapak Deskoni, S.Pd.,M.Pd perlunya kegiatan lokakarya semacam ini adalah untuk menjadi wadah serta sarana bagi dosen dalam mempersiapkan RPS tersebut.

Kegiatan lokakarya penyusunan RPS ini mengundang narasumber dosen yaitu Ibu Dra. Umi Chotimah, M.Pd.,Ph.D dan Ibu Dr. Yenny Anwar, M.Pd. Kedua narasumber banyak memberikan informasi terkait dengan bagaimana teknis penyusunan RPS berbasis Case Method dan Team Based Project. Diakhir sesi materi diberikan juga kesempatan untuk bertanya langsung dari dosen peserta kegiatan lokakarya kepada narasumber.

Dalam kegiatan ini juga diberikan kesempatan kepada masing masing perwakilan dari program studi untuk memaparkan RPS yang telah dicoba untuk memasukkan metode Case Method dan Team Based Project ini kedalam RPS yang telah disusun, kemudian narasumber memberikan masukan serta saran kepada masing masing perwakilan yang memaparkan RPS nya sehingga masukan tersebut dapat dijadikan sebagai perbaikan dalam merevisi RPS agar dapat menjadi lebih baik lagi.

Produk yang dihasilkan dari kegiatan selama empat hari ini adalah diharapkan para peserta dosen dapat mempersiapkan dan mengumpulkan RPS yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di semester ini sesuai paparan dan hasil penjelasan dari narasumber dengan menggunakan Case Method dan Team Based Project didalam RPS nya.

Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi melakukan foto bersama dengan Bapak Dekan FKIP Unsri beserta Ketua Jurusan P.IPS, Sekretaris Jurusan P.IPS dan Koordinator Prodi yang ada di Jurusan P.IPS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 8 =