Webinar & Coaching Kewirausahaan Seri 2 dengan tema “Trik Jitu Menembus Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)”

https://fkip.unsri.ac.id/ekonomi, Setelah sukses dengan kegiatan webinar kewirausahaan seri 1, hari ini tanggal 31 Maret 2022 Laboratorium Pendidikan Ekonomi bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya mengadakan kembali Webinar & Coaching dengan mengangkat tema “Trik Jitu Menembus Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)” yang dilaksanakan khusus bagi mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya.

Seperti yang dikemukakan oleh ketua pelaksana kegiatan Webinar & Coaching Ibu Yuliana, FH, S.Pd.,M.Pd mengemukakan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk support yang diberikan oleh Laboratorium Pendidikan Ekonomi sekaligus memfasilitasi mahasiswa dilingkungan FKIP dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengajukan proposal dalam kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dilaksanakan oleh kementrian setiap tahunnya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan motivasi dari diri mahasiswa untuk mencoba berwirausaha.

Sejalan dengan itu, ditambahkan juga oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi Ibu Dra. Dewi Koryati, M.Pd bahwa kegiatan webinar kewirausahaan yang sudah dilakukan untuk kedua kalinya ini sejalan dan sangat mendukung visi misi program studi, selain itu juga terlihat dari banyaknya penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa di program studi pendidikan ekonomi. Dalam hal mendukung kegiatan PMW yang diselenggarakan setiap tahunnya, kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa khusus nya pada program studi pendidikan ekonomi untuk dapat menghasilkan proposal kegiatan PMW yang didanai oleh kementrian.

Pihak Fakultas dalam hal ini diwakili oleh Bapak Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ismet, S.Pd.,M.Si sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan atas kegiatan yang dimotori oleh Laboratorium Pendidikan Ekonomi ini. Melalui kegiatan webinar & coaching hari ini yang memfokuskan pada trik bagaimana proposal yang disiapkan oleh mahasiswa dapat menembus program PMW, diharapkan akan banyak muncul proposal yang diajukan dari berbagai program studi yang berada di lingkungan FKIP ini dalam program PMW tahun 2022, karena selama ini motivasi mahasiswa dalam menghasilkan proposal yang layak untuk lulus pada program PMW khususnya dari FKIP ini masih sangat rendah. Mudah mudahan melalui kegiatan seperti ini dapat memotivasi dan menginspirasi mahasiswa untuk dapat mempersiapkan proposal PMW nya serta mampu bersaing dengan mahasiswa kompetitor lainnya yang berasal dari berbagai program studi serta fakultas yang berbeda beda.

Sebagai nara sumber hari ini Bapak Firmansyah, S.Pd.,M.Si (dosen program studi Pendidikan Ekonomi) mengharapkan mahasiswa dapat menanamkan mindset bahwa tujuan mahasiswa kuliah tidak hanya untuk mencari pekerjaan, namun tujuan mereka kuliah adalah untuk memperbaiki hidup dan taraf kehidupan dari yang sebelumnya belum baik menjadi lebih baik. Mengutip pendapat seorang sukses bahwa sukses itu perlu dilatih dan dipelajari, maka melalui kegiatan hari ini diharapkan kepada mahasiswa mulai dapat melatih diri untuk menghasilkan proposal usaha yang layak untuk dapat dikembangkan dalam dunian bisnis dan usaha.

Ditambahkan oleh Bapak Apit Fathurohman, S.Pd.,M.Si.,Ph.D (Dosen Program Studi Pendidikan Fisika) bahwa kunci utama untuk dapat memiliki jiwa kewirausahaan adalah kepercayaan dari orang lain. Kepercayaan diri orang lain atas diri kita harus dibangun di dalam diri kita, buatlah diri kita menjadi dapat dipercaya oleh orang lain. Didalam bisnis pun kta selalu memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah dengan cara menyediakan barang atau jasa bagi mereka yang membutuhkan atau memerlukan produk kita bukan hanya menjual barang atau jasa sesuai dengan apa yang kita inginkan saja.

Setelah narasumber memberikan serta memaparkan materi nya, maka dibuka kegiatan Coaching proposal atas nama mahasiswa Rifdah (mahasiswa Prodi Ekonomi) yang akan mencoba untuk mengajukan proposal PMW tahap pemula dan Laurentius Yandi (mahasiswa pendidikan Bimbingan dan Konseling) yang akan mencoba untuk mengajukan proposal ditahap lanjutan.

Kedua nara sumber memberikan masukan, saran atas kedua proposal mahasiswa tersebut sehingga banyak ide kreatif, saran yang bersifat membangun serta informasi penting lainnya terkait perbaikan kedua proposal mahasiswa tersebut. Kegiatan diakhiri dengan beberapa pertanyaan dari peserta kegiatan webinar baik secara online maupun offline di aula lantai 3 FKIP Pendidikan Ekonomi.

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 1 =