SHARE HAPPINESS WITH LOVE, BAKSOS S2 MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA DI YPAC PALEMBANG


 

Setiap tahun, mahasiswa pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Sriwijaya Palembang mengadakan kegiatan bakti sosial. Pada tahun ini, Kamis, 22 Februari 2018, para mahasiswa mengadakan kegiatan bakti sosial di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang. Kegiatan bakti sosial yang bertema ‘Share Happiness with Love’ ini bertujuan untuk berbagi cinta dan kebahagiaan pada para anak diabilitas yang mengenyam pendidikan di yayasan tersebut.


Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilakukan  dalam rangka menumbuhkan kecendekiaan mahasiswa calon magister pendidikan bahasa yang peduli dan siap berbagi pengetahuan dan rasa sayang secara moril maupun material. Dekan FKIP Unsri, Prof. Sofendi, M.A., Ph.D. sangat mendukung kegiatan tersebut.


Anak – anak yang bersekolah YPAC terdiri dari anak tuna daksa (cacat fisik), tuna rungu (cacat pendengaran), dan tuna grahita (cacat otak) dengan tingkat kecacatan sedang. Tingkat pendidikan di yayasan tersebut tidak berbeda dengan yayasan pendidikan lainnya yaitu ada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).


Sekolah bagi anak-anak disabilitas tuna daksa Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang ini dipimpin oleh bapak Ali Musa. Dalam sambutannya Beliau mengatakan bahwa para anak cacat dididik agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari mereka sendiri dengan kata lain tidak bergantung dengan orang lain.

 

 

Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam; dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan di sana, antara lain bernyanyi bersama dan permainan – permainan sederhana berbahasa Inggris. Ternyata banyak di antara anak diabilitas yang mampu bernyanyi bahasa Inggris anak-anak. Kegiatan diakhiri dengan pemberian plakat oleh Dr. Rita Inderawati, M.Pd. selaku ketua prodi Magister Pendidikan Bahasa kepada Kepala sekolah Tuna Daksa, Bapak Ali Musa dan foto bersama.

 

 

Kegiatan dilakukan di salah satu ruangan yang telah dipersiapkan oleh staf sekolah. Situasi dan kondisi di sana pun sangat kondusif dan menyenangkan. Senyum dan tawa terlukis di wajah anak – anak di saat Mitha, salah satu mahasiswa pascasarjana, mengajak mereka bernyanyi bersama. Bukan hanya bernyanyi, bahkan mereka diajak untuk memperagakan gerakan dari nyanyian berjudul ‘Family Fingers’  yang dipertontonkan kepada para anak melalui proyektor. Setelah bernyanyi bersama, Zahra, mahasiswa lainnya, mengajak mereka untuk bermain tebak-tebakan dan bagi yang dapat menebak akan mendapat hadiah yang sudah dipersiapkan dari pihak mahasiswa. Anak – anak pun semakin bersemangat setelah mendapat hadiah. Kegiatan pun berakhir pada pukul 11.00 dengan membaca do’a bersama yang dipimpin oleh Ahmad Zainuddin.

 

 

 

 

Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di YPAC ini memupuk rasa kepedulian terhadap sesama, khususnya terhadap para penyandang cacat karena mereka juga merupakan ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa di samping memotivasi mereka untuk terus semangat belajar. Kegiatan ini juga ingin menunjukkan bahwa masih banyak yang peduli, mengunjungi dan menyayangi mereka. (rept. r i)

 

 

 

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion