"UNCLE TOM'S CABIN"SUKSES DIPENTASKAN MAHASISWA S2 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNSRI


Gedung Teater GABI Universitas Sriwijaya Indralaya yang berkapasitas kurang lebih 350 dipadati oleh mahasiswa Unsri, siswa SMA/ MTS seputar kampus Unsri, dua gadis Amerika yang memang berniat menyaksikan pementasan drama.


Kamis itu, 26 April 2018, mahasiswa semester dua Program Magister Bahasa Pascasarjana BKU Pendidikan bahasa Inggris mempersembahkan sebuah drama berjudul Uncle Tom's Cabin, atau Gubuk Paman Tom. Sebanyak 23 mahasiswa berperan dalam pementasan drama tersebut. Drama ini dipentaskan sebagai wujud apresiasi mahasiswa terhdap karya sastra dunia dan sebagai tugas akhir mata kuliah Literature in EFL Classroom yang diasuh Dr. Rita Inderawati (Ketua Prodi Magister Pendidikan Bahasa) dan Dr. Mgrt. DInar Sitinjak, M.A. Di samping itu, pementasan drama oleh mahasiswa ini mendukung visi Universitas yang juga mengedepankan seni.


Uncle Tom's Cabinadalah sebuah novel yang ditulis oleh Harriet Beecher Stowe pada tahun 1852. Novel ini bercerita tentang perbudakan dan rasisme di Amerika sekitar abad 18. Karakter utama ini adalah Paman Tom,  yang merupakan seorang budak yang baik hati dan relijius yang beberapa kali berganti majikan hingga akhir hayatnya oleh majikan terakhirnya,  Simon Legree.


Novel ini menyinggung tentang permasalahan bagaimana perbudakan di zaman itu sangat tidak manusiawi dan para majikan bisa berlaku sekehendak mereka.  Selain itu masalah rasisme juga mewarnai cerita novel ini.  23 orang mahasiswa program pascasarjana pendidikan bahasa Inggris Universitas Sriwijaya berhasil menyulap novel ini menjadi sebuah drama yang mudah dipahami dan dinikmati oleh para generasi muda.


Pementasan drama ini telah memikat para generasi muda sebagai penonton untuk merasakan bagaimana kondisi di zaman tersebut dan mempelajari moral-moral yang disampaikan karakter dari cerita Uncle Tom's Cabin. Lahir nya novel Uncle Tom's Cabin ini menjadi tonggak bersejarah dihapusnya perbudakan di Amerika.


Dr. Rita Inderawati, M.Pd. mengucapkan terima kasih atas kehadiran para penonton. dan juga mengucapkan terima kasih kepada Prof. Anis Saggaf selaku Rektor Unsri dan Dekan FKIP Unsri, Prof. Sofendi yang memberi izin melakukan pementasan akhir dari tugas akhir kuliah sastra di pendidikan Bahasa Inggris dan memberikan izin menggunakan gedung Teater GABI Unsri. Kepada pendukung pementasan ini, Ketua Prodi mengucapkan terima kasih kepada para personil teater GABI yang telah membantu lancarnya pentunjukan dan Prof. Nurhayati selaku ketua Sanggar Dulmuluk Kampus dan ketua HISKI Sumsel yang selalu mendukung dan memotivasi serta memfasilitasi pertunjukan dengan peminjaman tata lampu dari sanggar yang diketuainnya sehingga pelaksanaan taeter ini berjalan dengan lancer. (rept. ri)

 

 

 

 

 

 

 

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion