Categories
Global Conference

Kalab Bahasa Indonesia Paparan di LEAD PHILIPPINE

Jum’at, 21 Januari 2022, pada 11th Global Virtual Conference Leadership in Education Academy and Development di Filipina yang dihadiri akademisi dari berbagai negara, Ketua Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Unversitas Sriwijaya, Dr. Rita Inderawati, M.Pd diundang untuk menyampaikan pemaparan materi dengan judul Development Research on Virtual Drama Performance: Self Managing System. Lembaga pengundang tersebut adalah LEAD Philippine, sebuah lembaga Leadership in Education Academy and Development dengan Country Head in Canada, Dr. Edward P. Mondol dan Country Head di Inggris, UK, Dr. Elizabeth A. Lucas, melalui Dr. Muthmainnah, dosen Universitas Al Asyariah Mandar, Sulawesi Selatan.

Dalam pemaparannya, Rita mengenalkan pemanfaatan teknologi seperti Canva, Pinterest, dan Zoom yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar matakuliah Literature in ELT. “… sehingga meskipun dalam suasana pandemic covid-19, hal itu tidaklah menghambat proses pembelajaran dan mahasiswa tetap dapat mengasah kreativitasnya dengan menampilkan pertunjukan drama secara virtual menggunakan teknologi di era digital saat ini” tutur Beliau.

Tidak hanya penampilan drama secara virtual, mahasiswa juga difasilitasi untuk dapat memanfaatkan Laboratorium Bahasa Indonesia sebagai wadah untuk mengasah kemampuan dalam dunia peran dan teater. Dengan tetap menjaga protokol Kesehatan (ProKes), mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya dipersilakan untuk berlatih dan memanfaatkan fasilitas yang ada di Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Sriwijaya.

Categories
Visitasi

DEKAN FKIP VISIT KE LABDIK BAHASA INDONESIA

Senin, 17 Januari 2022, Dr. Hartono, M.A. selaku Dekan FKIP mengunjungi Laboratorium Pendidikan (Labdik) Bahasa Indonesia setelah diskusi bersama tim periset kolaborasi mengenai penerbitan artikel hasil riset kolaborasi internasional antara Utah State University, Logan, Amerika dengan FKIP Universitas Sriwijaya, yang diketuai oleh Dekan FKIP sendiri. Hadir dalam diskusi tersebut para anggota tim: Prof. Sofendi, Prof. Ratu Ilma Indra Putri, dan Dr. Rita Inderawati.

Dekan FKIP, dalam visitasi ke labdik, mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Dr. Rita Inderawati, M.Pd. selaku kepala lab pendidikan tersebut atas upayanya memanfaatkan laboratorium sebagai tempat kegiatan akademik. Beliau menuturkan bahwa lab Teater Mini ini sudah bagus dalam hal fasilitas dan kegiatan workshop yang telah dilaksanakan selama 4 kali semester lalu. Meskipun demikian, Dekan FKIP tersebut menyarankan untuk memaksimalkan kegiatan. “Ketua Lab (Kalab) harus koordinasi ke program studi (prodi) atau dosen agar lab nya dipakai’’ tuturnya.

Categories
Visitasi

WAKIL DEKAN II SOWAN KE TEATER MINI

Senin, 4 Januari 2022, Dra. Nyimas Aisyah, M.Si., Ph.D. mengunjungi Teater Mini Laboratorium (Labdik) Pendidikan Bahasa Indonesia. Dalam kunjungannya tersebut, Wakil Dekan II FKIP Universitas Sriwijaya tersebut memeriksa peralatan labor serta mengidentifikasi apakah adakah yang rusak untuk diperbaiki.

Selanjutnya, Wakil Dekan Bidang Keuangan tersebut mengarahkan Kepala Labdik, Dr. Rita Inderawati, M.Pd. untuk lebih memanfaatkan laboratorium sebagai tempat kegiatan akademik di semester genap 2022 ini. Bertempat di ruang Teater Mini, Wakil Dekan dan Kepala Lab  berbincang sangat intens terkait rencana pemanfaatan lab dan pengenalan lab pendidikan yang berada di FKIP Universitas Sriwijaya yang berjumlah 17 buah, Lab Teater Mini Pendidikan Bahasa Indonesia adalah salah satunya.

Pada kesempatan itu pula, Kepala Lab mengajukan usul untuk melaksanakan kegiatan “Berkarakter dari Lab” melalui pembacaan dan apresiasi karya sastra termasuk film bagi mahasiswa. Wakil Dekan tersebut menyarankan untuk seluruh mahasiswa FKIP yang baru memasuki semester kedua tahun ini. Mengingat, semester genap ini perkuliahan masih luring dan menunggu sampai kelas Hybrid dapat dilaksanakan. Di samping itu, Labdik Bahasa Indonesia direncanakan bisa dipakai untuk umum terkait studio pemotretan. Teknisnya, nanti akan dibicarakan lebih dalam dengan ibu wakil dekan 2 tersebut.

Categories
Visitasi

KUNJUNGAN WAKIL DEKAN I KE LABDIK BAHASA INDONESIA

Kamis, 16 Desember 2021, Dr. Ismet, M.Si. melakukan kunjungan ke Laboratorium (Labdik) Pendidikan Bahasa Indonesia setelah mewakili Dekan FKIP, Dr. Hartono, M.A., membuka acara Workshop Seni Peran yang menghadirkan narasumber Dr. Syaiful Amri dari Yayasan Komedi Betawi, Jakarta.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Dekan Bidang Akademik tersebut mengapresiasi Kepala Labdik, Dr. Rita Inderawati, M.Pd. atas upayanya memanfaatkan laboratorium sebagai tempat kegiatan akademik berupa workshop. Bertempat di ruang kerja Kepala Lab, mereka berdiskusi intens mengenai pemanfaatan lab dan pengenalan lab pendidikan yang berada di FKIP Universitas Sriwijaya yang berjumlah 17 buah.

Categories
Kegiatan Sosial

Charity Time Akhiri 2021

Jum’at , 31 Desember 2021, Bertepatan di akhir tahun 2021, Kepala Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya, Dr. Rita Inderawati, M.Pd. melakukan kunjungan ke panti asuhan Al-Hikmah yang berlokasi di Jalan Demang Lebar Daun No.2614, Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30137.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Laboratorium Bahasa, Dr. Rita Inderawati, M.Pd. mengajak beberapa mahasiswa untuk memberikan bantuan kepada anak-anak di panti asuhan Al-Hikmah. Kegiatan kunjungan ini untuk menjumpai langsung dan bersilaturahmi dengan anak-anak yatim piatu yang berada di Panti Asuhan Al-Hikmah beserta Pengurus Panti Asuhan. Kegiatan ini diisi dengan bercengkrama dengan pengurus Panti Asuhan dan pemberian bantuan kepada anak-anak Panti yang kemudian diakhiri dengan doa bersama. Bantuan dari Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sriwijaya ini diharapkan bermanfaat dan menjadi berkah bagi semua.

Categories
Workshop

GELIAT LABDIK DALAM LIPUTAN MEDIA MASA

Workshop Bersama Alumni, “Mengenal Teater Lebih Dekat”
Link Berita: https://sumeks.co/perdana-di-laboratorium-pendidikan-bahasa-indonesia-fkip-unsri-workshop-pengenalan-teater-di-teater-mini/
Webinar on Article Writing “Social Media & 21st Century Learning”
Link Berita: https://sumeks.co/laboratorium-pendidikan-bahasa-indonesia-fkip-unsri-selenggarakan-webinar-mahasiswa/
Workshop Seni Peran/Teater Tradisi
Link Berita: https://sumeks.co/dulmuluk-dari-betawi-hadir-di-teater-mini/
Workshop Bersama Dosen Muda, “Asyiknya Menulis Cerpen”
Link Berita: https://sumeks.co/geliat-lab-pendidikan-bahasa-indonesia-membahana-di-ujung-tahun/
Categories
Workshop

Link Youtube Geliat Labdik

Workshop Bersama Alumni, “Mengenal Teater Lebih Dekat”
link YouTube: https://youtu.be/yZfWP0uPK4Q
Webinar on Article Writing “Social Media & 21st Century Learning”
Workshop Seni Peran/Teater Tradisi
Link YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=xz7DjO8_Czw
Workshop bersama Dosen Muda, “Asyiknya Menulis Cerpen”
Link YouTube: https://youtu.be/DNAA_u8gumk
Categories
Workshop

GALERI GELIAT LABDIK

Workshop Bersama Alumni, “Mengenal Teater Lebih Dekat”
Webinar on Article Writing “Social Media & 21st Century Learning”
Workshop Seni Peran/Teater Tradisi
Workshop bersama Dosen Muda, “Asyiknya Menulis Cerpen”

Categories
Workshop

WORKSHOP BERSAMA ALUMNI, “MENGENAL TEATER LEBIH DEKAT”

Seni Teater atau seni pertunjukan, tak lepas dari 2 hal dasar yaitu ekting (acting) dan penyutradaraan yang merupakan 2 hal pokok dalam sebuah pertunjukan. Acting merupakan sebuah hal yang mendasar yang harus dimiliki olehsetiap pemain dari teater itu sendiri, sedangkan teknik penyutradaraan juga tidakkalah pentingnya dalah seni teater ataupertunjukan. Sebuah pertunjukan yang baikdan sukses, harus memiliki sutradara dan pemain yang baik pula. Grup teater besarpun, dapat sukses melangsungkan pertunjukannya jika memiliki pemain pemain dan sutradara yang berkompeten dan berkualitas.

Di era sekarang, teater sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam masyarakat,baik dikalangan pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Namun kenyataannya, banyak pula orang yang berkecimoung dan menyukai seni teater ini, kurang memahami mengenai teknik acting dan penyutradaraan yang baik. Sebagian besar hanya memandang acting sebagai hal yang wajib dilakukan dalam dunia teater tanpa mengetahui teknik yang baik dari acting itu sendiri. Terkait hal tersebut, kami dari Pengelola Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP, Universitas Sriwijaya, bermaksud mengadakan workshop dan pelatihan mengenai teater “Mengenal Teater Lebih Dekat”.

Labdik Bahasa Indonesia merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan dan mengasah bakat dalam berteater, yang terdiri dari mahasiswa yang mencintai teater dan terus belajar untuk mengetahui lebih dalam mengenai dunia teater yang luas cakupannya. Semoga dengan kegiatan workshop yang akan diselenggarakan ini, kita dapat sama – sama memahami dan mengenal lebih dalam mengenai dunia teater, terutama “Acting dan Penyutradaraan”.

Kegiatan workshop ini diadakan pada:

Hari/Tanggal : Jumat, 3 Desember 2021

Waktu : 14.00-15.00 WIB

Tempat : Ruang Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sriwijaya.

Dengan diadakannya workshop bersama alumni ini mengenai pengenalan dan pendalaman teater, diharapkan mampu menambah wawasan dan mendapatkan manfaat dalam berteater dan mampu mengimplementasikan ke dunia teater atau masyarakat pada umumnya, mahasiswa calon guru yang akan berhadapan langsung dengan siswa setelah menyelesaikan kuliahnya. Dengan adanya wadah atau tempat laboratorium ini dapat membantu kita semua untuk saling berinteraksi, bertukar pikiran, dan menuangkan ilmu-ilmu kepada rekan- rekan yang penuh dedikasi dalam berkarya dan berteater. Oleh karena itu, dukungan yang baik dari semua pihak sangat dibutuhkan agar kegiatan berkesenian, lebih khususnya seni teater, bisa terus hidup dan berkembang. Kesenian bisa dinilai menjadi alternatif pendidikan yang positif dalam membentuk karakter bangsa.

Categories
Homepage

Laboratorium Berkarakter dan Berbasis Entrepreneurship

Kepala Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia

Dr. Rita Inderawati, M.Pd., dosen Pendidikan Bahasa di Program Sarjana maupun Magister FKIP Universitas Sriwijaya, tertarik dengan pengajaran sastra, penulisan akademik, literasi dan pengembangan buku teks untuk penelitiannya. Tiga penelitian yang dilakukan adalah International Colaborative Research dengan QUT, Brisbane, Deakin University Melbourne, dan Flinders University, Adelaide dimana ia menjadi Principal Investigator dalam tim tersebut.

Pada tahun 2020, penelitian kerjasama internasional kembali dilakukan dengan Utah State University, Amerika Serikat. Beliau menjadi pembicara penulisan penelitian untuk dosen Universitas Sriwijaya dan universitas lain di Sumatera Selatan. Beliau menjadi pembicara utama, diundang sebagai pembicara dalam lokakarya penulisan akademik, dan menjadi reviewer penelitian Dikti dan Unsri pada 2009-2014. Beberapa jurnal akademik di Indonesia mengamanahkan Beliau sebagai reviewer.

Prestasinya antara lain: Dosen Terbaik Universitas Sriwijaya 2010; Peneliti Pendidikan Terbaik Unsri, 2011; Dosen Terbaik Universitas Sriwijaya Tahun 2013, dan Peneliti Riset Kompetensi Terbaik Perguruan Tinggi Indonesia (Dikti), 2013.