KONTES LITERASI MATEMATIKA, SAINS, & BAHASA TINGKAT NASIONAL FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2022

Sabtu, 5 Maret 2022, Mengawali Kontes Literasi Bahasa tingkat nasional, Dr. Hartono, M.A. Dekan FKIP Universitas Sriwijaya membuka acara secara resmi untuk rangkaian kegiatan lomba literasi matematika, sains, dan bahasa, bertempat di Ruang Pertemuan FKIP Ogan lantai 3. Kegiatan pembukaan lomba dihadiri oleh para wakil dekan, ketua dan sekretaris jurusan, para koorprodi, ketua-ketua pelaksana lomba literasi serta panitia dosen dan mahasiswa.

Dalam sabutannya, dekan FKIP Unsri tersebut menyoroti satu hal penting terkait penambahan literasi finansial.

“Kedepan ada rencana untuk menambah literasi finansial. Ini merupakan salah satu dari keterampilan abad 21 bagaimana anak-anak kita pada saatnya nanti mereka sudah dewasa dan berkiprah dalam dunia kerja bisa menghandle finansial mereka, kegiatan seperti ini dari fakultas akan sangat mendukung di mana kolaborasi antara mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Sriwijaya. Program studi yang menyelenggarakan kegiatan ini semuanya sudah akreditasinya A dan salah satunya menuju akreditasi internasional yaitu di Cluster pendidikan bahasa, mudah-mudahan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini akan menambah semangat dan menambah wawasan daripada para penyelenggara. Kemudian akan berdampak juga kepada pembelajaran literasi dan numerasi di Indonesia.” Ujarnya.

Atas nama pimpinan, Beliau mengucapkan ribuan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah berperan aktif sebagai peserta mengikuti kegiatan literasi sains, matematika dan bahasa dan juga lokakarya PISA. Pemerintah sekarang sedang menggalakkan literasi dan numerasi yang merupakan turunan dari PISA yaitu program International Student Assessment yang diluncurkan oleh negara-negara OECD sejak tahun 2000 di mana Indonesia selalu di posisi bawah untuk rangking dan ini merupakan tantangan bagi pendidikan di Indonesia. Ini merupakan daya saing bangsa melalui program International Student Assessment ini adalah ingin memfalsifikasi bahwa kemampuan anak-anak di usia 15 tahun terhadap pelajaran pelajaran Matematika IPA dan bahasa di mana mereka akan diujikan dengan permasalahan-permasalahan dan realita dalam kehidupan. Selanjutnya, Dr. Hartono, M.A. juga menyampaikan hal berikut.

“Nanti pada saatnya mereka pada usia kerja dapat menghadapi tantangan di dunia kerja khususnya bersaing secara internasional sehingga masa depan bangsa Indonesia yang ditarget pada 2045, akan terwujud melalui program-program kontes-kontes seperti ini. Lokakarya ini menyamakan persepsi baik guru maupun siswanya agar mengasah keterampilan sebagai problem solver yang berpikir kritis. Manusia yang berpikir analitis sehingga dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang kontekstual di dunia nyata pada saatnya nanti. Sekali lagi kami bangga pada kegiatan kali ini dan tentu kita mempunyai rencana pada saatnya nanti, dimana kita akan melebarkan sayap tidak hanya level nasional tapi ke level Asia Tenggara tentu ini tantangan bagi kita semua bagi pengembang soalnya dosen dosen di jurusan Pendidikan MIPA dan jurusan pendidikan bahasa sehingga pesertanya tidak hanya nasional tetapi juga internasional level ASEAN.”

Harapannya, mudah-mudahan tercapai keinginan untuk pelaksanaan di level ASEAN. Beliau juga ucapkan selamat kepada para peserta lokakarya, guru pendamping. Beliau mengenang sebelum Covid-19, peserta dan guru pendamping hadir di Palembang di kampus Universitas Sriwijaya tercinta. Namun, meski saat Covid ini, tidak bisa hadir di Unsri, dengan teknologi kita bisa tetap menyelenggarakan kegiatan PISA ini.

Setelah acara pembukaan, ketua pelaksana Kontes Literasi Bahasa, Dr. Machdalena Vianty, M.Ed., M.Pd. bersama panitia pelaksana, menuju ke Lab Pendidikan Bahasa Indonesia untuk melanjutkan kegiatan KLB yang diikuti oleh 9 siswa SMP dan SMA dari berbagai provinsi. Tampak hadir, sekjur JPBS, Erlina, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Koorprodi PBSI, Ernalida, S.Pd., M.Hum., Ph.D., Fiftinova, S.S., M.Pd., Novalingga, S.Pd., M.Pd., Dwi Maharani, S.Pd., M.Pd., Sri, S.Pd., M.Ag., Dedi Kurniawan, S.Pd., M.Pd., Alhenri Wijaya, S.Pd., M.Pd., Rizqi Turama, S.Pd., M.A.

Sambil menyiapkan acara, ketua dan seluruh panitia dosen dan mahasiswa melakukan foto bersama. Demikian juga, Dr. Rita Inderawati, M.Pd. selaku Kepala Lab Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unsri, menyemangati para mahasiswa yang sedang menyiapkan sesi selanjutnya, yaitu semifinal yang tersaring 13 peserta dari 97 peserta KLB. Berikut adalah nama peserta yang berhasil masuk babak final:

  1. Ditiya Ayunissa                           SMAN 32 Jkt/10/IPS (73)
  2. M. Davin Ardra Muzafa              SMA Negeri 01 Palembang (68)
  3. Nyimas Amelia Putri                   SMA NEGERI 1 PALEMBANG (64)
  4. Zika Belfa zahira                           SMAN 4 KOTA PAGARALAM (62)
  5. Muhammad Ferdi Berliansyah    SMA Negeri 8 Palembang (58)
  6. Frida Fatma Salsabila                   SMA Muhammadiyah 4 Depok (56)

Akhirnya, pemenang Kontes Literasi Bahasa 2022 adalah sebagai beikut:

  1. Nyimas Amelia Putri                   SMAN 1 PALEMBANG (80)
  2. Ditiya Ayunissa                            SMAN 32 akarta/10/IPS (78)
  3. Frida Fatma Salsabila                    SMA Muhammadiyah 4 Depok (71)
  4. Zika Belfa zahira                            SMAN 4 KOTA PAGARALAM (69)
  5. M. Davin Ardra Muzafa                 SMAN 1 Palembang (65)
  6. Muhammad Ferdi Berliansyah      SMAN 8 Palembang (51)

“KLB tahun ini dilaksanakan dengan sangat baik walau dengan keterbatasan waktu yang ada, setiap kegiatan jika sudah menjadi kebiasan akan menjadikan kita terbiasa dan lancar sama seperti dalam berliterasi bahasa. Untuk kedepannya akan lebih meriah dengan banyak lomba yang diadakan, “ komentar Juara 1 KLB, Nyimas Amelia Putri.

Link acara pembukaan: https://www.youtube.com/watch?v=sMTQuzucTyg

(Akbar, Aldi, Elizabet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 16 =