Kepala Labdik Bahasa Indonesia, Narasumber Training of Video Shooting dan Video Editing FKIP Unsri Batch 1 Tahun 2022

PALEMBANG – Pada Sabtu, 25 Maret 2022 dilaksanakan kegiatan Pembukaan Training Video Shooting dan Video Editing FKIP UNSRI Batch 1 2022 di Lab Multimedia bekerja sama dengan Lab Pengajaran, Lab Pendidikan Bahasa Inggris, dan Lab Pendidikan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini bertujuan melatih peserta yang merupakan mahasiswa semester 6 dalam pembuatan video pembelajaran dengan teknik shooting dan editing yang baik. Materi yang akan diajarkan mengenai sinematografi dan video editing. Kegiatan diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Dr. Sardianto Siahaan, M.Si., M.Pd., Kepala Laboratorium Multimedia, Dr, Hartono, M.A., Dekan, dan Dr. Riswan Jaenudin, Wakil Dekan III FKIP UNSRI. Berikut kata sambutan dari Wakil Dekan III FKIP UNSRI.

Setelah kata sambutan dan pembukaan acara yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Bapak Dr. Riswan Jaenudin, M.Pd., kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber, Ibu Dr. Ermayanti, S.Pd., M.Si. dengan tema “Microteaching Script Technology Based”. Kemudian di hari Selasa dan Rabu, 29 dan 30 Maret 2022, para peserta kembali melakukan rangkaian kegiatan secara luring terkait materi “Cinematografi” oleh Dr. Makmum Raharjo, M.Si dan kemudian dilanjutkan oleh Dr. Syarifudin, M.Pd., Dr. Sardianto M. Siahaan, M.Si., M.Pd., dan Ari Guna Nugraha, S.Kom., dengan tema materi “Editing Video with Movavi Application”.

“Video pembelajaran adalah materi yang sangat bermanfaat dan berguna untuk kita semua, harapan saya adalah peserta dapat fokus terhadap materi yang akan diberikan. Telah diikuti oleh mahasiswa lebih dari 200, akan diberi penghargaan khusus untuk mahasiswa yg aktif dan optimal mengikuti kegiatan. Selain itu, harapan saya seluruh peserta dapat menghasilkan video yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk diikutkan lomba sehingga target dari Pak Dekan yang mengikuti program ini bisa mengikuti lomba dengan indikator dari universitas dan kinerja lab multimedia, yang paling jelas adalah para kinerja mahasiswa. Terima kasih kepada mahasiswa yang telah menjadi peserta dan memberikan hasil yg optimal.” Ujar Wakil Dekan tersebut.

Bila di awal kegiatan, Dr. Ermayanti, M.Si. menyampaikan materi mengenai naskah mengajaran atau skenario mengajar, maka di akhir acara sebelum penutupan, Dr. Rita Inderawati, M.Pd., Kepala Lab Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unsri menyampaikan materi yang berjudul Virtual Teaching Performance.  Beberapa video pembelajaran dari yang terbaik hingga yang tersederhana beliau perlihatkan kepada para peserta untuk mengevaluasi video mana yang baik dan belum baik. Pengajaran virtual yang dikenalkan oleh beliau adalah Sama dengan video-video pemelajaran lainnya, namun berbeda proses pembuatannya yaitu dengan memadukan Platform Zoom dan Aplikasi Canva.

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Dr. Ermayanti, M.Si. mewakili ketua pelaksana. Dengan ditutupnya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa FKIP dapat menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam bidang video shooting dan editing. Kegiatan ini adalah salah satu upaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya dalam agenda pembangunan dan penyelenggaraan pendidikan yang maju dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =