KEGIATAN KURSUS PEMBINAAN PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR ( KMD )MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU ( PPG) PRAJABATAN MANDIRI TAHUN 2020

Sebagai salah satu perguruan tinggi LPTK Fkip Unsri Palembang ikut berpartisipasi dalam melaksanakan Pramuka. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) PPG Prajabatan mandiri yang berlangsung mulai hari ini 5 juli sampai dengan 10 juli 2021 yang diikuti oleh program studi Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) 16 orang mahasiswa yang dibina langsung oleh Kwarda Sumatra Selatan. Praja Muda Karana yang disingkat dengan Pramuka sebagai salah satu pendidikan nonformal kini telah ada pada semua jenjang pendidikan.
Dr.Machdalena vianty, M.Ed.,M.Pd.selaku Koordinator PPG FKIP Unsri menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 16 orang.

Sambutan Dekan FKIP Unsri Dr.Hartono.M.A. Sekaligus penyerahan Mahasisiwa PPG Prajabatan FKIP Universitas Sriwijaya ke Kwartir daerah Provinsi Sumatra Selatan
Dalam sambutannya, Dekan menekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk mendapat sertifikasi namun lebih menekankan kepada pembentukan karakter yang terdiri dari 4 kompetensi dasar (Profesional, Pedagogik, Sosial dan Kepribadian) selain itu pemahaman tentang 4 pilar kebangsaan juga harus dimiliki para peserta dan disambung dengan Drs.H.Riza Fahlevi.MM.selaku Waka Kwarda Bidang Bina Anggota Dewasa mengatakan Kwarda Sumsel memberikan apresiasi setingi-tinginya, kepada dekan unsri yang telah melangsungkan kerjasama dalam bentuk kursus. Tujuannya akan cepat terwujud dan menjalankan peraturan Kementerian, yaitu setiap siswa dan mahasisawa di sekolah wajid ada kegiatan ektrakulikuler atau non akademis.

Dekan FKIP UNSRI Dr.Hartono.M.A.mengatakan kegitan Keterampilan Mahir Dasar (KMD) ke pramukaan yang dilakukan 6 hari pada tanggal 5 Juli sampai dengan 10 Juli 2021 Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bela negara oleh Kodim.

Selain itu untuk mengembangkan karakter dari pada mahasiswa. “Jadi nantinya, pada saat mereka menjadi guru profesional sudah bisa mengembakan kegiatan ke pramukaan di seokalah.