Standar 5

STANDAR 5. KURIKULUM, PEMBELAJARAN, DAN SUASANA AKADEMIK

DeskriptorLink Data Dukung
5.1.2.1. Pengorganisasian kurikulum yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan.1.     SK Kurikulum Dalam Jabatan
2.     SK Kurikulum Pra-Jabatan
5.1.2.2 Persentase mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi , silabus dan SAP (PML).RPS
5.1.3.1 Pelaksanaan peninjauan struktur kurikulum selama tiga tahun terakhir.1. Hasil Pembahasan Kurikulum di Pusat
2. SOP Peninjauan Kurikulum
5.1.3.2 Pemutakhiran kurikulum 1. Daftar hadir Lokakarya Kurikulum
2. Surat Tugas Peserta Lokakarya
3. Berita Acara Lokakarya Kurikulum
5.2.1.1.1 Tahap pleno 1
1. Jadwal Orientasi
2. Panduan PPG Dalam Jabatan
3. Panduan PPG Pra Jabatan
4. Dokumentasi (Foto)
5.2.1.1.3 Tahap kerja kelompok mandiriJadwal Kegiatan
5.2.1.1.4 Tahap pleno 21.     Jadwal Kegiatan
2.     Review perangkat oleh teman sejawat
3.     Review perangkat oleh DP dan GP
4. SOP Pelaksanaan Workshop Perangkat Pembelajaran
5.2.1.1.6 Instrumen Penilaian PP dan RPP oleh DP dan GP Instrumen Penilaian PP dan RPP
5.2.1.2 Kesesuaian topik, kompetensi, indikator ,dan hasil workshop yang telah dilaksanakan
dalam satu tahun terakhir
RPP Mahasiswa
Contoh hasil evaluasi perangkat
5.2.1.2.1 Kesesuaian topik workshop dengan kurikulum sekolah mitra.RPP Mahasiswa
5.2.1.2.2 Kesesuaian topik dengan kompetensi yang ditargetkan.RPP Mahasiswa
5.2.1.2.3 Ketepatan indikator untuk mengukur hasil pembelajaran dari kegiatan workshop.RPP Mahasiswa
5.2.1.2.4 Hasil workshop: mutu dan kelengkapan perangkat pembelajaran yang mencakup silabus, RPP (kompetensi, materi pembelajaran termasuk sumber dan media, skenario kegiatan termasuk LKS, evaluasi mencakup prosedur dan instrumen).KOMPILASI PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.     RPP
2.     Bahan Ajar
3.     Media 
4.     LKPD
5.     Evaluasi
6. Foto
Microteaching 
5.2.2.1 Substansi buku pedoman PPL 1. Buku Pedoman PPL
2. Foto Sosialisasi PPL
5.2.2.3 Pemenuhan persyaratan penugasan dosen pembimbing.1.     Ijazah dosen pembimbing
2.     SK penunjukan dosen pembimbing
3. Pernyataan kesediaan membimbing
4. SOP Penugasan Dosen Pembimbing
5.2.2.4 Pemenuhan persyaratan penugasan guru pamong.1.       Ijazah dan sertifikat pendidik
2. SK penunjukan guru pamong
3. SOP Penugasan Guru Pamong
5.2.2.5 Pemenuhan persyaratan sekolah mitra.1. Akreditasi Sekolah Mitra
2. MoU
5.2.2.6 Kelengkapan dan mutu dokumentasi kegiatan pembekalan PPL di kampus kepada mahasiswa, dosen pembimbing dan guru pamong.1. Materi pembelakalan
2 .Undangan Pembekalan
3. SK mengajar
4. Laporan PPL
5.2.2.7 Proses pembimbingan dalam pelatihan PPL dengan menggunakan supervisi klinis1. SOP Pembimbingan PPL
2. SOP Pelaksanaan PPL
3. Laporan PPL
5.2.2.9      Kelengkapan dan mutu kegiatan praktik mengajar yang dilaksanakan di lapangan.Perangkat PPL Mahasiswa
5.2.2.12 Cakupan dan mutu pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) oleh Program PPG tentang kegiatan PPL.1. Buku Monev PPL
2. Instrumen Monev PPL
3. SOP Monev
4. Daftar Periksa Monev
5.2.3.1 Mutu ujian tertulis pada uji kompetensi dan pelaksanaannya.Soal Try Out
PTK Mahasiswa
RPP Mahasiswa
5.2.3.2 Mutu uji kinerja pada uji kompetensi dan pelaksanaannya.1. Instrumen dalam Penilaian Uji Kinerja
2. Surat Tugas Penguji
3. Jadwal Ukin
4. Berita Acara & Daftar Hadir Ujian
5. Nilai-nilai
5.3.1 Kelengkapan kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik), serta konsistensi pelaksanaannya.1. Buku Pedoman Akademik FKIP
2. Statuta FKIP
5.3.2 Program PPG dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, temu dosen-mahasiswa-alumni, dan pengembangan sikap dan tanggung jawab sosial).1. Kegiatan Kursus Pembinaan Pramuka
2. Kegiatan Bela Negara dan Wawasan kebangsaan
3. SULE-IC 2020
5.4 Kuantitas dan mutu kegiatan terbaik yang terkait dengan standar kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik pada Program PPG.Best Practices PPG