FKIP UNSRI Mengadakan  Dialog Nasional,Diikuti 32 Dekan FKIP Komunitas Forkom FKIP Negeri Se-Indonesia, Untuk Memanjukan Mutu dan Kualitas Lembaga Pencetak Calon Guru Profesional

Indralaya, Jumat 20 September 2024. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya salah satu dari Forum Komunikasi (Forkom)  Negeri se – Indonesia menggelar Dialog Nasional untuk menjaga mutu dan kualitas program studi yang ada di FKIP yang ikut dalam Komunitas Forkom. Dialog ini menghadirkan tiga Narasumber yang berkaitan dengan Pendidikan yaitu; Ketua Umum LAMDIK Prof. Dr. Muchlas Samani ,Sekretaris Direktur Akreditasi Prof. Dr. Aceng Hasani dan Prof. Dr. Sri Suning Kusumawardani Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesian. Dialog yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Sriwijaya (Unsri) kampus indralaya ini dibuka oleh Rektor Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, S. E., M. Si.
Dalam sambutannya Rektor Unsri, berharap tujuan dari dialog nasional bisa tercapai sesuai dengan yang sudah ditetapkan, seperti yang disampaikan Dekan. “Kami mendoakan apa – apa yang akan dibahas dan dirumuskan bisa bermanfaat bagi universitas kita masing -masing dan bagi kemajuan Negara Republik Indonesia,” harapan Rektor

Dekan FKIP Unsri, Dr. Hartono, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dialog nasional Forkom Dekan se-Indonesia ini untuk mengetahui bagaimana strategi mengembangkan Pendidikan tinggi dari Dirjen Belmawa, mengetahui bagaimana mencapai akreditasi unggul dan akreditasi internasional dari Direktur Akreditasi Lamdik  juga adanya isu akan dikembangkannya instrument yang baru yang akan diberlakukan tahun 2025. “Tentu ini sangat penting. Bagi kami merupakan konsumsi yang luar biasa input informasi yang luar biasa bagi kami yang di daerah karena ingin menjaga mutu kualitas FKIP dan program studi yang ada di FKIP yang berorientasi kepada mutu. Salah satunya adalah pengakuan akreditasi nasional yang unggul yang merupakan statuta dari semua program studi yang ada di FKIP Unsri. 

Sebagaimana kita ketahui letak geografis yang sangat berbeda, mutu juga mungkin berbeda. Bagaimana kita memiliki benchmarking yang sama sehingga mutu kita yang penghasil calon – calon guru dan guru profesional tetap terjaga. Salah satunya dengan indikator point – point akreditasi yang ada di Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan,” Ungkapnya.

Setelah mendapatkan materi dari narasumber peserta dialong dibagi menjadi sembilan kelompok persidangan, yaitu persidangan Dekan di Ruang Rapat Lt. 2 Rektorat dipimpin oleh Dr. Hartono, MA; persidangan wakil dekan I di Ruang Rapat Fakultas Kesehatan Masyarakat dipimpin oleh Dr. Rita Indrawati, M.Pd. persidangan Wakil Dekan II dipimpin Dra. Nyimas Aisyah M.Pd., Ph. D. di Ruang Rapat 2 Lt. 2 Rektorat;  persidangan empat  Wakil Dekan III dipimpin  Dr. Ismet, M. Si. di Ruang Rapat Lt.3 Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan; persidangan Kajur/ sekjur/Koorprodi Jurusan Pendidikan MIPA dipimpin Drs. Kodri Madang, M.Si. Persidangan Kajur/ Sekjur/Koorprodi Jurusan P. IPS dipimpin Deskoni, S.Pd., M.Pd.; Persidangan Kajur/ Sekjur/Koorprodi Jurusan Pend. Bahasa dipimpin Prof. Dr. Soni Mirizon di Auditorium; persidangan Kajur/ Sekjur/Koorprodi Jurusan Ilmu Pendidikan dipimpin Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd. di Auditorium; Pertemuan Deklarator dan Pendiri Forkom dipimpin Prof. Dr. Sofendi, M.A. Ruang Rapat Rektor. 

Similar Posts