Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya

SEMINAR KENAIKAN JABATAN GURU BESAR UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Inderalaya, 06 Mei 2014 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Pusat Adminstrasi Universitas Sriwijaya (KPA UNSRI), telah dilaksanakan seminar kenaikan jabatan Guru Besar Universitas Sriwijaya. Acara seminar dibuka oleh Rektor Universitas Sriwijaya yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Daniel Saputra, MSA.Eng. selaku Kepala PUSBANDIK UNSRI dan dilanjutkan dengan penjelasan sistem pelaksanaan seminar kenaikan jabatan guru besar UNSRI oleh Dr. Azhar Kholiq Affandi, M.S.

Jumlah dosen sebagai Pemakalah seminar kenaikan jabatan guru besar sebanyak 8 orang dimana 4 orang dosen berasal dari FKIP UNSRI, antara lain 1) Sofendi, MA., Ph.D., dari Pendidikan Bahasa Inggris ; 2) Dr. Aisyah AR. M.Pd., dari Pendidikan Bimbingan dan Konseling; 3) Dr. Ratu Ilma Indra Putri M.Si., Pendidikan Matematika ; 4) Dr. Subadiono M.Pd., dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pemakalah seminar pertama diajikan oleh Sofendi, MA., Ph.D. membahas tentang  Analisis Pengajaran Bahasa Inggris Di Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya dimana didampingi oleh Dr. Rita Inderawati M.Pd sebagai moderator seminar serta Prof. Dr. Chuzaimah, D. Diem, MLS., Ed.D dan Prof. Diemroh Ihsan MA., Ph.D selaku pembahas subtansi dan metodelogi.

Seminar dilanjutkan dengan Pemakalah kedua yaitu Dr. Aisyah AR. M.Pd yang membahas tentang Pengembangan Model Manajemen Kelas Berbasis Guidance Higher Order Thinking Skills (G-Hots) Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas Musi Banyuasin. Dalam paparannya bertindak sebagai moderator yaitu Dr. Azizah Husin M.Pd., dan sebagai pembahas makalah yaitu Prof. Dr. Fuad Abdurrahman M.Pd dan Dr. Riswan Jaenudin M.Pd.

Pemakalah Ketiga disajikan oleh Dr. Ratu Ilma Indra Putri M.Si yang membahas tentang  Design ResearchEksplorasi Budaya Indonesia dalam Pembelajaran Matematika. Moderator dalam makalah ini yaitu Dr. Hartono M.A, dan bertindak selaku pembahas makalah yaitu Prof. Dr. Hj. Fauziah N.,SP.RMPH dan Dr. Somakim M.Pd.

Sedangkan pemakalah terakhir dari FKIP UNSRI disajikan oleh Dr. Subadiono M.Pd yang membahas tentang Pengembangan Model Buku Teks Membaca. Dalam penyajian makalah ini yang bertindak selaku moderator adalah Dr. Didi Suhendi S.Pd. M.Hum, sedangkan yang bertindak selaku pembahas malakah adalah Prof. Dr. Mulyadi Eko Purnomo M.Pd dan Dr. Rita Inderawati, M.Pd.

Dalam seminar ini tampak hadir segenap dosen dan karyawan FKIP Universitas Sriwijaya. Pelaksanaan seminar ditutup oleh Dr. Azhar Kholiq Affandi, M.S.

(FY/Whd 2014)