HMPBSI: Lomba Cipta Puisi dan Cerpen (LCPC)

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPBSI) menyelenggarakan kegiatan Lomba Cipta Puisi dan Cerpen (LCPC) sebagai bentuk apresiasi terhadap Bahasa Indonesia yang menjadi tonggak penyatuan Bahasa dan Lahirnya Sumpah Pemuda, serta menjadi sumber perkembangan Sastra Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3–24 Maret 2022 secara hybrid, dengan pelaksanaan kegiatan daring di Laboratorium Bahasa dan Seni FKIP Ogan, Universitas Sriwijaya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiwa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini  dilaksanakan dengan mengadakan lomba Cipta Puisi dan Cerpen Tingkat Nasional yang bertujuan untuk: 1) meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap dunia sastra, 2) menyalurkan hobi dan bakat terhadap karya sastra, dan 3) memantik kreativitas generasi bangsa. Kegiatan ini dimeriahkan oleh 336 peserta lomba dengan jumlah peserta Lomba Cipta Puisi sebanyak 190 peserta dan Lomba Cipta Cerpen sebanyak 146 peserta.

Kegiatan yang diketuai oleh Rizky Gunawan ini dapat terlaksana secara maksimal berkat kerjasama yang solid antar anggota HMPBSI. Menurut Rizky, kegiatan ini perlu dilaksanakan secara rutin guna meningkatkan kebanggaan kaula muda untuk dapat terus mempelajari bahasa dan sastra Indonesia sebagai perwujudan rasa cinta tanah air.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kami sebagai anak Bahasa Indonesia terhadap Bahasa Indonesia itu sendiri, sebab dengan diadakannya kegiatan ini harapannya masyarakat peka terhadap dunia Bahasa dan sastra, serta tidak menjadikanya tabu, di era yang serba moderenisasi saat ini, terutama anak muda lebih senang menggunakan bahasa asing dan mempelajari budaya asing, dengan adaanya kegiatan ini semoga bisa memberikan kesadaran bahwasannya Bahasa dan Sastra Indonesia ini sendiri tidak kalah menarik untuk diselami oleh anak muda atau yang sering disebut generasi zaman now. Tidak lupa, saya ucapkan kepada pihak Program Studi yang sudah mendukung kegiatan ini serta teman-teman dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang terhimpun dalam organisasi HMPBSI (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) FKIP Unsri sebagai panitia, yang sudah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan ini, dan untuk para peserta yang mendaftar saya ucapkan terima kasih” tutup Rizky.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − one =