Pagaralam, 17–19 April 2025 – Mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kampung 4 dan Green Paradise, Pagaralam, Sumatera Selatan.
Dr. Didi Jaya Santri, MSi selaku kordinator kegiatan menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi pembelajaran berbasis lapangan yang terintegrasi dalam mata kuliah wajib Ekologi Tumbuhan dan Botani Tumbuhan Berpembuluh. Selain itu, kegiatan PKL juga bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam melakukan observasi, pengambilan data, dan analisis keanekaragaman hayati di alam terbuka.
Pada tanggal 17, mahasiswa melakukan analisis vegetasi di kawasan Kampung 4 Pagaralam. Mereka mengamati berbagai jenis tumbuhan dengan metode kuantitatif seperti plot sampling dan pencatatan jenis-jenis tumbuhan berdasarkan tingkat kerapatan, dominansi, serta indeks keanekaragaman. Selain itu, mahasiswa juga mendokumentasikan berbagai karakter morfologi tumbuhan untuk keperluan identifikasi lebih lanjut dan mengambil beberapa sample tumbuhan untuk diolah menjadi herbarium.
“Melalui kegiatan ini, kami belajar secara langsung bagaimana melakukan penelitian vegetasi di lapangan, bukan hanya sekadar teori. Kami juga dapat mengamati bagaimana perbedaan vegetasi tumbuhan dikampung 4, kami dapat melihat perubahan vegetasi disetiap perubahan ketinggiannya. Mulai dari lahan monokultur teh sampai memasuki kawasan hutan” ujar salah satu mahasiswa Muhammad Rangga Saputra
pada 18 April, kegiatan dilanjutkan ke kawasan ekowisata Green Paradise Pagaralam. Di sini, mahasiswa melakukan identifikasi berbagai macam tumbuhan dan hewan serta mengamati interaksi ekologis di dalamnya. Mulai dari hubungan rantai makanan, simbiosis, hingga adaptasi morfologi organisme di habitat aslinya. Para dosen pembimbing dan juga teknisi seperti laborant dan tenaga pengajar tambahan seperti asisten dosen turut mendampingi dan memberikan arahan langsung di lapangan, sekaligus membantu mahasiswa mengaitkan hasil pengamatan mereka dengan teori yang telah dipelajari di kelas.Praktik kerja lapangan ini tidak hanya memperkuat keterampilan ilmiah dan pengamatan mahasiswa, tetapi juga mempererat kepedulian terhadap keberlanjutan ekosistem alam. Diharapkan, pengalaman ini menjadi bekal penting bagi calon guru biologi dalam menanamkan kecintaan terhadap lingkungan kepada generasi masa depan