Pelantikan Kepala Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Koordinator Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Gambar : Foto bersama dengan Dekan dan Wakil Dekan FKIP

Pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2022 telah dilaksanakan pelantikan Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Koordinator Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya periode 2022 s.d 2026. Program Studi Bimbingan dan Konseling mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd sebagai Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Rani Mega Putri, M.Pd. Kons sebagai Sekretaris Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Fadhlina Rozzaqyah, M.Pd sebagai koordinator Program Studi Bimbingan dan Konseling, Dr. Windi Dwi Andika, M.Pd sebagai Koordinator Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Program Studi Bimbingan dan Konseling juga mengucapkan terima kasih kepada Dr. Azizah Husin, M.Pd sebagai Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Drs. Marwan Pulungan, M.Pd sebagai Sekretaris Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya dan Dra. Syafdaningsih, M.Pd atas dedikasi dan pengabdiannya di lingkungan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Bimbingan dan Konseling Tahun 2022


Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Sriwijaya telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dari tanggal 14 s.d 26 September 2022 dengan Tema “Pendapmpingan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Guru BK SMP di Prabumulih”
Yang dihadiri sebanyak 26 guru SMP di Prabumulih.

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yaitu :
1. Meningkatkan pemahaman guru BK/Konselor SMP terkait peran dan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan kurikulum mereka belajar dan PS
2. Meningkatkan pemahaman guru BK/Konselor SMP dalam penyusunan RPL satu lembar
3. Meningkatkan keterampilan guru BK/Konselor SP dalam pelaksanaan layanan dasar BK berbasis proyek

Adapun materi yang disampaikan sewaktu pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah :
1. Konsep Kurikulum Merdeka
2. Konsep Profil Pelajar Pancasila
3. Peran Guru BK Dalam Merdeka Belajar
4. Assesmen Guru BK Dalam Merdeka Belajar
5. Penyusunan Proyek Penguatan Profil Perlajar Pancasila
Yang dihadiri sebanyak 26 guru SMP di Prabumulih.

Mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat yaitu :
1. Rizkiansyah Ammar Diovani
2. Agung Maulana
3. Fatih Ilhamsyah
4. Muhammad Adi Tantowi
5. Dinda Azzahra
6. Amalia Roberti
7. Saskia Putri Addli
8. Rika Puspita Sari
9. Fadilla Meysa
10. Vincentia Erica Tita
11. Maria Ulva
12. Putri Amalia
13. Aulia Muti’ah
14. Davita Egiyah
15. Muhammad Ikbal
16. Muhammad Adib Ahnaf

Foto : Sharing session
Foto : Ice Breaking dengan peserta pengabdian masyarakat
Foto : Penutupan masa pengabdian masyarakat

Webinar CIA (Counselor In Action)

Himpunan Mahasiswa Konseling (HIMAKS) Universitas Sriwijaya pada hari ini menyelenggarakan agenda CIA (Counselor In Action) dengan tema “Pendidikan Karakter dalam Upaya Peningkatan Kulalitas Diri Generasi Alpha melalui Bimbingan dan Konseling” yang diadakan secara hybrid di Kampus KM 5,5 Palembang dan platform zoom pada tanggal 10 Agustus 2022. Narasumber pada acara ini adalah Ellysa Rahmi Martawiharjo. S.Pd. dan Ratna Sari Dewi, M.Pd. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Dr. Riswan Jaenudin, M.Pd. Dalam pengarahannya, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan berharap agar kegiatan ini bisa bermanfaat bagi semuanya khususnya mahasiswa. Sehingga bisa menjadi bekal mahasiswa untuk mengajar apabila telah lulus nanti.

Foto : Pemaparan materi oleh narasumber pertama (Ellysa Rahmi Martawiharjo. S.Pd.)
Foto : Pemaparan materi oleh narasumber kedua ( Ratna Sari, M.Pd.)

Kuliah Umum “Eksistensi Bimbingan dan Konseling Karir Di Era Digital”

Foto : Pemaparan materi oleh pemateri (Paul Arjanto, S.Pd., M.Pd))

Program Studi Bimbingan Konseling telah melaksanakan Kuliah Umum Dengan Judul “Eksistensi Bimbingan da Konseling Karir Di Era Digital” yang diselenggarakan pada tanggal 23 Agustus 2022. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Paul Arjanto, S.Pd., M.Pd. yang merupakan Dosen Bimbingan dan Konseling Universitas Pattimura. Moderator pada kegiatan ini adalah Ratna Sari Dewi, M.Pd. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan FKIP Unsri, Dr. Azizah Husin, M.Pd. Dalam pengarahannya, Ketua Jurusan FKIP Unsri berharap agar kegiatan ini dapat membuat program Bimbingan dan Konseling diharapkan bisa menyesuaika diri di era digitalisasi ini supaya bahan ajar yang telah disiapkan dapat berjalan dengan maksimal, serta Bimbingan dan Konseling karir dapat berjalan di era digitalisasi. Sehingga baik mahasiswa dan lulusan Bimbingan dan Konseling dapat memberikan Bimbingan dan Konseling Karir terhadap sekolah-sekolah maupun mahasiswa. Dalam pemaparan materinya pemateri (Paul Arjanto, S.Pd., M.Pd) menyampaikan hal-hal yang sangat menarik terkait Bimbingan dan Konseling Karir diantaranya yaitu menjelaskan BK Karir di Indonesia dan berbagai macam BK Karir yang berbasis digitalisasi

Himaks Agenda: “Counselor In Action Is Back”

Himpunan Mahasiswa Konseling (HIMAKS) Universitas Sriwijaya kini menyelenggarakan kegiatan dengan mengusung tema “Pendidikan Karakter Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Diri Generasi Alpha Melalui Bimbingan dan Konseling” yang mengajak seluruh mahasiswa/i di Indonesia untuk dapat mengikuti lomba dan webinar bertaraf nasional. Adapun lomba yang diadakan :

  1. Lomba Bimbingan Kelompok
  2. Lomba Poster
  3. Lomba Media BK
  4. Lomba Arikel

Timeline kegiatan :

  1. Pendaftaran lomba : 1-30 agustus 2022
  2. Pengumpulan karya : 1 agustus – 5 september 2022
  3. Pengumuman lomba sekaligus webinar : 10 september 2022

Pendaftaran dan buku panduan pada link berikut :https://lynk.id/lombacia2022

Biaya pendaftaran : FREE

Jangan sampai kelewatan yaa!! Informasi lebih lanjut : CP :

Contact Person:
089507531040 : Indri Titis Fitria
085888437334 : Dewika Putri Agustina

PKKMB FKIP Universitas Sriwijaya : Selamat Datang Mahasiswa Baru Bimbingan dan Konseling

Menyambut mahasiswa baru di Lingkungan FKIP Universitas Sriwijaya, kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) tahun 2022/2023 mengusung tema “Gelora Madani Muda Sriwijaya Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Society 5.0” yang diadakan selama dua hari pada Rabu, 10 Agustus 2022 dan Kamis, 11 Agustus 2022.

Kegiatan PKKMB bertujuan untuk mengenalkan Fakultas, Jurusan dan Program Studi kepada mahasiswa dalam bidang akademik seperti kurikulum, kegiatan program studi, tenaga pendidik dan kependidikan, kegiatan mahasiswa, Program MBKM, serta himpunan mahasiswa yang ada di lingkungan FKIP Universitas Sriwijaya.

Program Studi Bimbingan dan Konseling sendiri menerima 102 mahasiswa baru yang tersebar pada kelas Indralaya sebanyak 66 Mahasiswa dan kelas Palembang sebanyak 36 Mahasiswa. Pelaksanaan PKKMB pada prodi Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa para dosen, staff admin, lingkungan perkuliahan, kurikulum dan kegiatan mahasiswa, serta pengenalan himpunan mahasiswa konseling (Himaks), yang akan dilaksanakan pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Pkkmb FKIP-Universitas Sriwijaya

WORKSHOP “Peer Counseling For Student First Aid”

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini bukan hanya menganggu kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental berupa kecemasan, stress bahkan peningkatan kasus bunuh diri di seluruh negara. Diantara rentang usia yang ada, usia 15-24 tahun yang merupakan usia yang paling rentan dengan masalah kesehatan mental. Kebanyakan kasus tidak terdeteksi dengan baik apalagi tertangani secara maksimal. Salah satu alasan kurangnya penanganan yang maksimal ini adalah karena adanya stigma ketidakstabilan emosional yang dimiliki oleh usia remaja dan dewasa muda tersebut, rendahnya pengetahuan tentang permasalahan kesehatan mental (literasi kesehatan mental), dan keinginan untuk menyelesaikan masalah secara mandiri (Gulliver et al., 2010). Sementara itu layanan psikologis maupun pembimbingan dosen PA (pembimbing akademik) dinilai masih kurang dapat memfasilitasi kebutuhan para mahasiswa. Padahal peran konseling mahasiswa akan berpengaruh positif pada indeks prestasi mahasiswa yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi universitas secara keseluruhan (Suranata, 2013). Oleh karena itu, diperlukan suatu program yang dapat menjangkau lebih banyak mahasiswa yaitu melalui program konselor sebaya yang bertujuan untuk membantu teman sesama mahasiswa yang mengalami permasalahan.

Konseling sebaya dipandang cukup efektif jika diberikan oleh teman sebayanya sendiri. Hal ini karena para remaja termasuk yang usia dewasa muda ada kecenderungan untuk memiliki personal fable yaitu keyakinan bahwa hanya dia yang mengalami pengalaman unik, bukan orang dewasa lain. Konseling teman sebaya (Peer Counseling) adalah program bimbingan yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap mahasiswa yang lainnya. Mahasiswa yang menjadi pembimbing sebelumnya diberikan latihan atau pembinaan oleh konselor. Mahasiswa yang menjadi pembimbing berfungsi sebagai mentor atau tutor yang membantu Mahasiswa lain dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, baik akademik maupun non-akademik.

Berangkat dari penjelasan di atas maka tim Prodi Bimbingan Konseling atas nama Laboratorium Bimbingan Konseling mengadakan Pelatihan Konseling Teman Sebaya (Peer Counseling) kepada 20 orang mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling yang telah memenuhi syarat berupa telah mengikuti perkuliahan Keterampilan Konseling dan Konseling Individu. Kegiatan ini bertemakan “PEER COUNSELING FOR STUDENT FIRST AID IN FKIP UNSRI” dengan narasumber Ratna Sari, M.Pd., Rosdiana S.Psi., M.Psi., Psikolog, dan Dra. Rahmi Sofah, M.Pd., Kons.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Juli 2022 di Lantai 3 Gedung Dekanat FKIP Universitas Sriwijaya yang dibuka oleh Wakil Dekan Akademik dalam hal ini diwakilkan oleh Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan Ibu Dr. Azizah Husin, M.Pd.

Pembukaan Acara Oleh Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan – Dr. Azizah Husin, M.Pd.

Kegiatan ini juga mengundang seluruh Koordinator Program Studi di Lingkungan FKIP Universitas Sriwijaya sebagai wadah sosialisasi akan diaktifkannya pelaksanaan konseling sebaya di Laboratorium BK dan diharapkan dapat dimanfaatkan mahasiswa di Lingkungan FKIP Universitas Sriwijaya sebagai bentuk pertolongan dan bantuan pertama pada mahasiswa yang memiliki permasalahan maupun untuk meningkatkan keterampilan diri.

Pada kegiatan ini, peserta pelatihan mendapatkan beberapa materi berupa Konsep Pendekatan Konseling Teman Sebaya, Konseling Individu, dan Keterampilan Konseling. Peserta juga melakukan praktik/simulasi pelaksanaan konseling teman sebaya secara Individual dan Kelompok. Pada kegiatan ini, peserta juga dilatih untuk dapat mengembangkan kemampuan bertanya berupa pertanyaan terbuka dan memahami bahasa verbal maupun nonverbal konseli.

Penyampaian Materi Oleh Ibu Rosdiana, S.Psi., M.Psi., Psikolog