Pelaksanaan Kuliah Umum Prodi Pendidikan Ekonomi dengan tema “Perencanaan Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kurikulum Merdeka”

https://fkip.unsri.ac.id/ekonomi, Bertempat di Aula FKIP Kampus Km 5 Palembang, Selasa 21/2 Tahun 2023 telah diselenggarakan kuliah umum dengan tema “Perencanaan Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kurikulum Merdeka” yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya dengan narasumber Dr. Uwes Chaeruman, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Setelah pembawa acara membuka kegiatan Kuliah Umum, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan laporan pelaksana kegiatan oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi Ibu Dr. Dwi Hasmidyani, M.Si. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan kuliah umum ini dilaksanakan terkait dengan kebutuhan mahasiswa sebagai calon guru sebagai implementasi dari kurikulum merdeka yang sangat mereka butuhkan nantinya ketika turun menjadi guru di satuan Pendidikan.

Kegiatan kuliah umum dibuka secara langsung oleh Ibu Ketua Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dr. Hudaidah, M.Pd., sekaligus memberikan kata sambutan tentang pentingnya materi yang diangkat dalam kegiatan kuliah umum hari ini bagi mahasiswa calon guru dan alumni untuk diimplementasikan di sekolah.

Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa semester 4 dan 6 yang hadir secara luring di Aula FKIP Km 5 Palembang sebanyak 149 orang mahasiswa, sedangkan semester 2 dan 8 mengikuti melalui link zoom dan diikuti juga oleh alumni Pendidikan Ekonomi maupun alumni bidang studi lainnya.

Narasumber berfoto bersama mahasiswa yang mengikuti kegiatan kuliah umum secara luring di Aula FKIP Km 5 Palembang

Kuliah umum di moderatori oleh Ibu Dra. Dewi Koryati, M.Pd. Sebelum dimulai kegiatan Kuliah Umum dibacakan CV Narasumber. Pemberian materi dilakukan secara diskusi antara narasumber dengan mahasiswa secara interaktif.

Foto Dokumentasi Narasumber dalam mengisi materi perkuliahan

Materi yang disampaikan dalam kegiatan kuliah umum ini sangat banyak memberikan informasi yang dapat diambil oleh mahasiswa sebagai calon guru, juga bagi seorang dosen dalam mempersiapkan dan merencanakan pembelajaran apalagi di kurikulum merdeka seperti saat ini. Ditambahkan oleh Dr. Uwes, Kurikulum merdeka menekankan kepada guru untuk dapat memberikan peserta didik tugas-tugas yang menantang dan otentik, maka peran dan tanggung jawab peserta didik akan menjadi semakin besar dan dari sinilah nantinya karakter seorang peserta didik akan terbangun, dan sesuai dengan kurikulum merdeka hal ini maka dapat mendukung karakter Pelajar Pancasila yang didukung oleh project penguatan Pancasila berupa kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler.

Selain membahas terkait implementasi kurikulum merdeka disekolah, narasumber juga memberikan materi terkait implementasi kurikulum merdeka di dalam  kampus. Untuk pembelajaran oleh dosen dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan pendekatan project based learning dan pembelajaran partisipatif bagi mahasiswa dengan menggunakan pendekatan case based teaching method. Dalam kegiatan kuliah umum ini juga banyak memberikan kesempatan mahasiswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan kuliah umum melalui kegiatan tanya jawab.

Berbagai dokumentasi aktivitas kegiatan Kuliah Umum dengan tema Perencanaan Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kurikulum Merdeka

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =