Kegiatan “Fun Science” Dorong Pembelajaran Mendalam di FKIP Universitas Sriwijaya
Indralaya, 13 Februari 2025 – Tim pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya menggelar kegiatan bertema “Fun Science Pada Pembelajaran IPA” pada Kamis (13/2), bertempat di Gedung Serbaguna FKIP Unsri. Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk siswa dan guru, yang antusias mengikuti rangkaian percobaan ilmiah interaktif.
Berbeda dari pendekatan pembelajaran konvensional, kegiatan ini dirancang untuk mendukung pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning approach), yaitu pendekatan yang menekankan pemahaman konseptual, pemikiran kritis, serta keterkaitan antar konsep sains dalam kehidupan sehari-hari.
Melalui berbagai eksperimen menyenangkan seperti:
-
Pondasi Tahan Gempa
-
Kapal Tanker Pengangkut Beban
-
Mengapungkan Koin
-
Penyelam Kartesian
-
Meriam Udara
-
Botol Keseimbangan
-
Simulator Gempa
-
Balon Penipu
-
Pengendali Api
-
Asap Dukun
-
Jam 2 Arah
para peserta tidak hanya melihat fenomena sains, tetapi juga diajak untuk mengeksplorasi sebab-akibat, menyusun hipotesis, dan merefleksikan prinsip-prinsip ilmiah yang mendasarinya. Kegiatan ini memperkuat kompetensi berpikir tingkat tinggi (higher-order thinking skills) dan menumbuhkan rasa ingin tahu yang menjadi dasar pembelajaran sepanjang hayat.
“Kegiatan ini bukan hanya hiburan, tetapi merupakan bentuk nyata dari pembelajaran mendalam. Anak-anak dan guru dilatih untuk berpikir kritis, menganalisis fenomena, dan mengaitkannya dengan teori sains,” jelas salah satu dosen pelaksana kegiatan.
Dengan pendekatan fun science berbasis deep learning ini, tim pengabdian FKIP Unsri berharap dapat mendorong perubahan cara belajar IPA di sekolah, dari sekadar menghafal teori menjadi memahami dan menerapkannya secara kontekstual. Kegiatan ini diharapkan menjadi inspirasi bagi para pendidik untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan di kelas.