VISI
Visi Program Studi Pendidikan Kimia adalah menjadi Program Studi Unggul
Berbasis Riset, Inovatif dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Tanggap Terhadap
Perkembangan IPTEKS.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Pendidikan kimia untuk
menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif dengan penguasaan materi
kimia dan menerapkan ilmu pendidikan kimia yang professional.
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran kimia inovatif dalam
kaitannya dengan strategi, model dan media pembelajaran melalui penelitian
dasar dan terapan. - Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat
dibidang pembelajaran sebagai wujud pengembangan kompetensi sosial,
demi pemberdayaan dan peningkatan keterampilan profesional guru kimia. - Menyelenggarakan pengembangan penalaran, bakat, minat, dan
kesejahteraan mahasiswa Pendidikan kimia. - Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang
pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional dan
internasional secara berkesinambungan. - Mewujudkan sistem manajemen program studi Pendidikan kimia yang
profesional, efektif, efisien, dan akuntabel berbasis teknologi informasi.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang professional, unggul dalam bidang pendidikan kimia dan berakhlak mulia.
- Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, baik sebagai tenaga pendidik, perencana pembelajaran, pengambil keputusan, maupun peneliti.
- Mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan peran serta program studi Pendidikan Kimia dalam menerapkan ilmu pendidikan dan teknologi.
- Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk mendorong terciptanya mahasiswa yang kreatif, inovatif, adaptif dan memiliki karakter yang sesuai dengan tuntutan globalisasi.
- Menjalin dan mengembangkan kerja sama dengan mitra kerja secara nasional, maupun internasional dalam upaya pengembangan ilmu pendidikan kimia dan terapannya.
- Mewujudkan sistem manajemen program studi Pendidikan kimia yang profesional, efektif, efisien, dan akuntabel berbasis teknologi informasi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN-SIKAP | |
CPL-S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
CPL-S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL-S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
CPL-S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
CPL-S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
CPL-S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
CPL-S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
CPL-S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
CPL-S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL-S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; |
CPL-S11 | Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN-PENGETAHUAN | |
CPL-P1 | Menguasai konsep teoretis dan aplikasi tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasi. |
CPL-P2 | Menguasai literasi data konsep teoretis dan praktis tentang konsep pendidikan, perilaku peserta didik dan karir. |
CPL-P3 | Memadukan konsep kimia, pedagogik, kurikulum, metodologi, media, evaluasi, pengelolaan kelas, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran kimia yang berbasis ketrampilan abad 21. |
CPL-P4 | Menguasai prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), pengelolaan laboratorium dan teknologi penggunaan peralatan dan instrumen kimia serta penaganan terhadap isu lingkungan. |
CPL-P5 | Menguasai pondasi metode saintifik dan integritas akademik serta prinsip-prinsip penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran kimia, penelitian dan karya ilmiah. |
CPL-P6 | Menyadari pentingnya manfaat teori dan praktis ilmu kimia yang kreatif dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN-KETERAMPILAN UMUM | |
CPL-KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
CPL-KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
CPL-KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
CPL-KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
CPL-KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis |
CPL-KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
CPL-KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL-KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
CPL-KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN-KETERAMPILAN KHUSUS | |
CPL-KK1 | Mendesaian konsep-konsep ilmu kimia (topik, tujuan, dan evaluasi). |
CPL-KK2 | Merencanakan Pelaksanaan Pembelajaran di kelas dan laboratorium di sekolah sesuai dengan karakteristik materi (content knowledge) dan karakteristik peserta didik, pendekatan pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran (pedagogical knowledge), serta teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (technological knowledge) secara inovatif dan adaptif; |
CPL-KK3 | Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi aktivitas di laboratorium dengan memperhatikan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja) dan isu lingkungan secara inovatif dan adaptif; |
CPL-KK4 | Mengidentifikasi permasalahan dan menentukan solusi alternatif berdasarkan teori penelitian, serta merancang dan mengimplementasikannya dalam penelitian pendidikan kimia; |
CPL-KK5 | Melaporkan hasil penelitian terkait karya ilmiah sesuai kaidah dan integritas akademik; |
CPL-KK6 | Menerapkan kompetensi digital dalam pembelajaran kimia dan kehidupan sehari hari yang relevan |
CPL-KK7 | Menerapkan dan mengembangkan lebih lanjut kompetensi ilmu kimia dan Pendidikan kimia, untuk menjadi wirausahawan pada kehidupan sehari-hari yang relevan, untuk kemaslahatan bersama. |