Secara historis FKIP bermula dari pendirian Kursus B-1 Bahasa Inggris Negeri Palembang pada 1 Oktober 1958. Pada 13 Juni 1961 beralih status menjadi FKIP (SK Menteri PTIP Nomor 6/1961) berada di bawah pengelolaan Unsri. Berdasarkan SKB Menteri PTIP FKIP Unsri menjadi bagian dari IKIP Bandung dan disebut sebagai IKIP Bandung Cabang Palembang. Terhitung 1 Januari 1969 IKIP Bandung cabang Palembang berintegrasi kembali ke dalam Unsri menjadi dua fakultas: Fakultas Keguruan (FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan mulai tahun akademik 1983/1984, kedua FIP dan FKg bergabung kembali menjadi FKIP Unsri.

FKIP mendirikan PS Magister Pendidikan Matematika pada tahun 2006. Semula pengelolaannya di bawah Program Pascasarjana Unsri. Pendirian PS magister ini didasarkan pada analisis mendalam atas kebutuhan pengembangan ilmu dan kebutuhan pengguna lulusan. Pada tahun 2016 pengelolaannya dilakukan secara langsung oleh FKIP Unsri. Tahun 2016 FKIP mendirikan PS Doktor Pendidikan Matematika. FKIP dengan demikian mengelola 3 PS Pendidikan Matematika jenjang sarjana, magister, dan doktor. Saat ini, PS Magister di bawah koordinasi FKIP adalah Pendidikan Bahasa, Pendidikan Matematika, PS Magister Teknologi Pendidikan, dan Program Studi Magister Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Sampai tahun akademik 2020/2021 FKIP mengelola memiliki 15 PS Sarjana, 1 PS PPG, 5 PS Magister, dan 1 PS Doktor.

Visi PS Magister Pendidikan Matematika ialah

“Menjadikan Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya sebagai salah satu penyelenggara Magister Pendidikan Matematika di Indonesia bidang ilmu pendidikan matematika yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia, riset, informasi, dan inovasi kependidikan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang bermutu baik dalam penguasaan teori maupun praktik kependidikan pada tahun 2025”.

Misi PS Magister Pendidikan Matematika ialah

(1) Menyelenggarakan kegiatan, pengelolaan, dan proses pendidikan yang efektif dan efisien untuk menghasilkan pendidik dan tenaga ahli pendidikan matematika yang profesional,

(2) Mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinal sebagai sumbangsih bagi perkembangan pendidikan dan pembelajaran matematika pada berbagai tingkatan pendidikan melalui berbagai kegiatan penelitian dan forum ilmiah;

(3) mengupayakan penerapan dan transformasi gagasan-gagasan baru dan segar dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika kepada masyarakat untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran matematika pada berbagai tingkat pendidikan.

Berikut ini struktur organisasi Program Magister Pendidikan Matematika