Kegiatan PPM I Tahun 2022

Kegiatan PPM Perdana Prodi PGSD pada tahun 2022 dilakukan di Yayasan Tarbiyah Yaa Bunayya. PPM dilakukan berdasarkan surat permintaan dari Yayasan kepada Fakultas untuk selanjutnya Dekan FKIP memberikan surat tugas kepada Dosen Pelaksana PPM.

Surat Permintaan dari Yayasan
Surat Tugas Dekan FKIP

Kegiatan PPM dilakukan berbarengan dengan Prodi PG-PAUD. Hal itu dikarenakan menyesuaikan dengan surat permintaan dari Yayasan yang juga memang memiliki TK dan SD. Pembukaan kegiatan PPM dilaksanakan pada Senin, 6 Juni 2022 di SD Islam yaa Bunayya. Pembukaan dihadiri oleh Dekan FKIP secara Virtual, Ketua Yayasan, Kepala SD, Kepala TK, Koordinator Prodi PGSD dan PG-PAUD, Dosen Prodi PGSD dan PG-PAUD, serta Guru-guru yang menjadi peserta.

Dekan FKIP memberikan Kata Sambutan
Ketua Yayasan didampingi Koorprodi PGSD dan PG-PAUD
Sambutan Koor Prodi PGSD, Dr. Siti Dewi Maharani, M.Pd. sekaligus membuka kegiatan IHT secara resmi.
Pemberian Cinderamata dari Ketua Yayasan kepada Koor Prodi PG-PAUD, Dra. Syafdaningsih, M.Pd. sebagai Perwakilan Tim PPM.
Foto Bersama Tim PPM dengan Pimpinan Yayasan
Foto Bersama Tim PPM PGSD dengan Pimpinan Yayasan dan Guru-guru SD Yaa Bunayya
Foto Bersama Tim PPM PG-PAUD dengan Pimpinan Yayasan dan Guru-guru TK Yaa Bunayya

Setelah kegiatan pembukaan selesai, langsung dilanjutkan dengan pemberian materi. Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Dekan FKIP Universitas Sriwijaya mengenai Kebijakan Kurikulum Merdeka.

Penyampaian Materi oleh Dekan FKIP Universitas Sriwijaya Dilakukan Secara Virtual
Penyampaian Materi oleh Dr. Rahmi Susanti, M.Si. Mengenai Prototipe Kurikulum Merdeka Didampingi Moderator, Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd.

Setelah penyampaian materi, peserta PPM dipisahkan pada 2 ruangan. Ruangan utama untuk Guru-guru SD Yaa Bunayya bersama Tim PPM PGSD, sedangkan ruangan kedua untuk Guru-guru TK Yaa Bunayya bersama Tim PPM PG-PAUD. Selanjutnya, peserta dan Tim PPM melakukan diskusi terkait Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Peserta dan Tim PPM dibagi dalam 3 kelompok yang terdiri dari bidang kajian Bahasa Indonesia, Matematika, dan PKn. Sehingga, nantinya peserta akan menghasilkan produk yang berupa Modul Ajar sesuai kajian kelompoknya. Suasana kegiatan diskusi digambarkan sebagai berikut.

Diskusi Kelompok 1, Bidang Kajian Bahasa Indonesia dengan Drs. Marwan Pulungan, M.Pd. sebagai Narasumber Diskusi
Diskusi Kelompok 2, Bidang Kajian Matematika dengan Vina Amilia Suganda, M.Pd. sebaga Narasumber Diskusi Didampingi Dr. Rahmi Susanti, M.Si.
Diskusi Kelompok 3, Bidang Kajian PKn dengan Bunda Harini, M.Pd. sebagai Narasumber Diskusi

Kegiatan dilanjutkan dengan penugasan bagi peserta untuk membuat Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Bagi peserta yang mengalami kesulitan, diskusi tetap bisa dijalankan secara virtual melalui Aplikasi Whatsapp, Zoom Meeting, dan Google Meet. Hal itu dikarenakan pelaksanaan kegiatan ini memang tidak hanya 1 hari, melainkan 10 Hari. Kegiatan dilaksanakan pada 6 Juni 2022 sampai dengan 16 Juni 2022.

Tim PPM PGSD Melakukan Bimbingan melalui Google Meet Bersama Guru-guru SD Yaa Bunayya
Peserta Memaparkan Prototipe Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk Mendapat tanggapan Tim PPM PGSD

Pada 16 Juni 2022, penutupan kegiatan dilakukan kembali di Yayasan Yaa Bunayya. Sebelum upacara penutupan dilakukan, masing-masing peserta memaparkan kembali produk yang dibuat berdasarkan hasil bimbingan secara virtual. Banyak masukan yang diberikan kembali oleh Tim PPM PGSD. Sehingga, peserta masih melakukan revisi kembali atas produk yang dibuat. Ketika produk yang dibuat telah final, maka sertifikat kegiatan baru dapat diserahkan kepada peserta. Suasana penutupan dapat digambarkan sebagai berikut.

Persiapan Paparan oleh Peserta
Penyampaian Pesan dan Kesan oleh Perwakilan Peserta
Foto Bersama Tim PPM dengan Pimpinan Yayasan
Foto Bersama Tim PPM dengan Pimpinan Yayasan dan Guru-guru
Foto Bersama Tim PPM PGSD dengan Guru-guru SD Yaa Bunayya

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − fourteen =