Sosialisasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di FKIP Unsri: Membuka Peluang Bagi Mahasiswa untuk Berpartisipasi Aktif

Indralaya, 7 Februari 2023

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya (Unsri) mengadakan sosialisasi mengenai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dipimpin oleh Elfahmi Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.T., selaku Koordinator Program Studi. Kegiatan ini secara khusus ditujukan kepada mahasiswa angkatan 2020, yang telah memasuki semester 6 dan sedang dalam tahap penyusunan skripsi.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Pendidikan Teknik Mesin. Elfahmi menjelaskan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian masyarakat sangat penting, tidak hanya untuk memperkaya pengalaman akademik mereka tetapi juga untuk meningkatkan relevansi penelitian dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

“Kami ingin mengajak mahasiswa untuk terlibat aktif dalam penelitian-penelitian yang relevan dengan minat mereka. Jika ada mahasiswa yang merasa penelitian yang mereka minati sesuai dengan topik penelitian dosen, mereka diperkenankan untuk mengajukan diri ikut serta,” ujar Elfahmi dalam sambutannya.

Mengawali tahun 2023 ini, proposal-proposal penelitian dosen akan segera diunggah ke platform internal fakultas. Sosialisasi ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengetahui berbagai topik yang sedang dan akan diteliti oleh dosen, sehingga mereka dapat menemukan keselarasan antara minat penelitiannya dengan penelitian dosen yang sedang berjalan.

Salah satu mahasiswa yang hadir, Rayhan Yuansyah, menyampaikan antusiasmenya, “Saya sangat tertarik dengan kesempatan ini, karena saya sedang mencari topik skripsi yang bisa lebih aplikatif dan Keterlibatan dalam penelitian dosen pasti akan sangat bermanfaat bagi kami yang sedang menyusun skripsi.”

Elfahmi berharap agar mahasiswa angkatan 2020 dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. “Kami mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan peluang ini, karena ini bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga dalam dunia akademik dan karir masa depan mereka,” tambahnya.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya terbantu dalam menyelesaikan skripsi, tetapi juga dapat memberikan kontribusi nyata dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sejalan dengan visi dan misi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap berkontribusi bagi masyarakat luas.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 1 =