WEBINAR SERIES 1 HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Indralaya, Universitas Sriwijaya ­– Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (Himaptek) Menggelar acara Seminar series berskala Nasional, ada lima series seminar yang akan digelar dalam waktu dua bulan berturut-turut dimulai pada 2 Oktober sampai dengan 13 November dengan tema yang berbeda-beda.

Sabtu, 2 Oktober 2021 telah berlangsung Seminar series satu dengan tema “Sudut Pandang Industri Terhadap Lulusan Online”  melalui virtual meeting disiarkan langsung pada YouTube Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin,

Drs Harlin M.Pd selaku Korprodi hadir untuk membuka seminar secara resmi. Dalam sambutannya Beliau mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan dilaksanakan oleh Himaptek secara keseluruhan. Selanjutnya Drs. Harlin, M.Pd. menjelaskan Visi Misi Tujuan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin kepada peserta sekaligus pembicara utama (Eks Ketua IKA PTM). Tujuannya adalah memperkenalkan VMT baru prodi PTM yang tertuang dalam kurikulum terbaru yaitu Kurikulum MBKM 2021.

Hadir pula bapak Edi Setiyo M.Pd selaku pembina Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin dan bapak DR. Drs. H Zulkipli Djamin, M.M. Selaku pembicara utama pada webinar series satu ini.

Bapak Zulkipli mengungkapkan, di Era Revolusi industry 4.0 ini Industri sudah jauh lebih canggih, saat ini Industri sudah tidak terlalu banyak menggunakan tenaga manusia seperti dulu lagi. Selain itu, ia menyebutkan dalam skala Revolusi Industri 4.0 Industri berinovasi dalam kemampuan software dan internet untuk meningkatkan efisienesi perusahaan. Industry saat ini cukup menggunakan satu atau beberapa orang didalam control room untuk mengontrol pabrik karena pabrik sudah terkoneksi secara jaringan dan itupun bisa dikontrol oleh manager dari rumah menggunakan handphone.

“Trend ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri, singkatnya revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia. Bukan rahasia umum bahwa masa sekarang ini semua orang ketergantungan terhadap smartphone” ujarnya.

Sementara itu, peserta webinar sangat antusias dengan materi yang dibawakan oleh pembicara terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan peserta kepada pembicara tentang menyesuaikan diri di era 4.0 pada kondisi pandemi saat ini dan persiapan terjun didunia kerja terkhususnya pada dunia Industri.                                                                                                                     

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 16 =