|

Workshop Pembuatan Media Pembelajaran berbasis CANVA

Tim dosen dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di SMK Lingua Prima Indralaya dengan tema “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Elektronik di SMK Lingua Prima” kegiatan tersebut dilakukan secara tatap muka dengan melaksanakan protokol kesehatan (28/10/2021)

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 20 guru serta beberapa siswa SMK Lingua Prima. Kegiatan PPM membahas tentang persiapan, perencanaan serta pembuatan media pembelajaran berbasis Canva. Pemilihan Media Canva ini didasarkan pada kemudahan akses dalam penggunaannya, tersedia ratusan ribu template yang bisa dipilih guru untuk membuat media pembelajaran. “Media Canva memiliki banyak sekali keuntungannya salah satunya adalah kemudahan aksesnya dan tersedia ratusan ribu template,” Ujar Darlius Ketua Tim PPM (28/10/2021).

Kegiatan PPM dilakukan secara tatap muka dengan ceramah, diskusi dan workshop pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis canva. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah guru-guru mampu membuat media pembelajaran berbasis Canva.

Tujuan dari PPM tersebut yaitu agar guru dapat lebih termotivasi dan terampil dalam membuat media pembelajaran yang menarik sehingga dalam proses pembelajaran siswa menjadi lebih semangat saat jam pelajaran berlangsung. Oleh karena itu peran guru dalam merencanakan pembelajaran sangat penting. Guru harus kreatif dalam membuat media pembelajaran. “Dengan adanya media pembelajaran yang menarik, diharapkan siswa menjadi lebih semangat dalam pembelajaran” Ujar Harlin yang bertindak sebagai pemateri.

PPM yang merupakan kegiatan rutin tahunan itu di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unsri. Yang bertindak sebagai ketua pelaksana PPM yaitu Darlius, serta anggotanya adalah Harlin, Nopriyanti dan Elfahmi Dwi Kurniawan serta mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin.

Kegiatan PPM ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Lingua prima yaitu Novi Nurani. Dalam sambutannya ia menyatakan bahwa beliau sangat berterima kasih kepada Prodi Pendidikan Teknik Mesin yang telah bersedia untuk datang ke sekolahnya dalam rangka untuk memberikan pelatihan yang bermanfaat bagi guru dalam membuat media pembelajaran  berbasis canva. Ia berharap jika suatu saat prodi Pendidikan Teknik Mesin dapat berkunjung melaksanakan PPM kembali di SMK Lingua Prima, Ujarnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + fourteen =