Berikan Pelatihan Pembubutan Kepada Pemuda Simpang Timbangan Indralaya

Penulis : Lustari
Editor : Elfahmi Dwi Kurniawan

Ketua kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Bapak Drs. Harlin M.Pd. Langsungkan acara pengabdian kepada masyarakat, dengan tema “ Pelatihan Pemesinan Bubut (Lathe) Bagi Pemuda Di Kelurahan Simpang Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir”. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan skill keterampilan melalui pengetahuan maupun kegiatan praktik yang diberikan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut. Demi menunjang kegiatan ini hadir juga Bapak Ibu Dosen Pendidikan Teknik Mesin untuk memberikan ilmu mereka, baik melalui pemberian materi maupun skill praktik lapangan secara langsung. Dimulai pada hari Senin, 8 Agustus 2022 sampai dengan Rabu, 10 Agustus 2022 di Kampus FKIP KM 5 Palembang. Acara ini memberikan kesempatan kepada 20 peserta pemuda dan pemudi putus sekolah untuk mendapatkan pelatihan secara gratis.

Pada hari pertama dilangsungkan acara pembukaan secara resmi oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Mesin sekaligus Ketua Pelaksana acara pengabdian ini. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dasar dari para Dosen Pendidikan Teknik Mesin mengenai pemesinan bubut. Mulai dari komponen mesin bubut, teknik mengasah pahat, sampai dengan pemberian contoh membubut yang baik dan benar secara langsung.

Dihari kedua, barulah seluruh peserta diberikan kesempatan untuk mengerjakan jobsheet yang telah dibuat. Para Dosen memberikan kepercayaan kepada mereka untuk memegang mesin bubut masing-masing 2 orang untuk satu mesin. Dengan selalu memantau dan memberikan arahan untuk mengutamakan K3 dalam bekerja. Seluruh peserta sangat antusias mengerjakan job masing-masing agar bisa melakukan Job selanjutnya.

Hari ketiga, yaitu hari penutup sekaligus finishing setiap job para peserta. Walaupun putus sekolah dan tergolong orang-orang yang kurang beruntung. Para peserta tetap antusia dan sangat semangat mengikuti  kegiatan ini selama 3 hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB setiap harinya. Harapannya dengan diadakan kegiatan ini ada banyak ilmu dan manfaat yang didapatkan baik bagi para peserta maupun para Dosen Pendidikan Teknik Mesin. Kegiatan ini resmi ditutup dihari ketiga pengabdian dan secara simbolis juga memberikan sertifikat kepada setiap peserta sebagai bentuk apresiasi dari acara ini.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − thirteen =