|

Pembekalan Praktik Industri Prodi PTM Tahun 2023

Palembang, 16 September 2023 – Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2021 bersiap-siap untuk melaksanakan praktik industri pada libur semester ganjil mendatang. Sebagai persiapan, telah diadakan kegiatan pembekalan praktik industri secara hybrid di Aula FKIP Km 5 Palembang dan melalui zoom meeting pada hari Sabtu, 16 September 2023.

Acara dibuka dengan sambutan dari panitia dan pembukaan resmi oleh Koordinator Pendidikan Teknik Mesin Elfahmi Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. yang menyampaikan pentingnya praktik industri sebagai bagian integral dari pengembangan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa.

Pada sesi pertama, Anggiat Mangapul Simanjuntak, S.T., M.KM., seorang ahli di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Industri, memberikan materi pembekalan mengenai aspek K3 Industri. Mahasiswa diberikan pemahaman mendalam tentang keamanan dan kesehatan saat berada di lingkungan industri, mencakup penanganan bahan berbahaya, penggunaan alat pelindung diri, dan prosedur keamanan lainnya.

“Saat menjalani praktik industri, keselamatan dan kesehatan menjadi prioritas utama. Mahasiswa perlu memahami risiko-risiko yang mungkin terjadi dan bagaimana cara mengatasinya,” kata Anggiat Mangapul Simanjuntak.

Sesi kedua diisi oleh Elfahmi Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.T., Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Elfahmi memberikan materi terkait mekanisme pra Praktik Industri, pengaturan selama praktik industri, dan upaya yang harus dilakukan pasca praktik industri.

“Dalam mempersiapkan praktik industri, mahasiswa perlu memahami tahapan sejak pra praktik industri hingga pasca praktik industri. Ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi atas pengalaman yang didapat selama praktik industri,” ungkap Elfahmi.

Kegiatan ini dilakukan secara hybrid untuk memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa yang berada di luar kota. Zoom meeting memungkinkan interaksi antara pembicara dan peserta, sementara sesi di Aula FKIP Km 5 Palembang memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang berada di kota untuk berkumpul dan bertanya langsung kepada pembicara.

Diharapkan, pembekalan ini dapat memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2021 dalam menjalani praktik industri mereka, sekaligus meningkatkan kualitas partisipasi mereka di dunia industri yang sesungguhnya.

Video bisa dilihat pada link youtube di bawah ini

https://www.youtube.com/watch?v=4G0P8eBkb9E

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − twelve =