|

Senabatra UNSRI 2021, Diharapkan Jadi Wadah Inspirasi Pembelajaran Bidang Bahasa

SUMEKS.CO, PALEMBANG – Ratusan Mahasiswa Universitas Sriwijaya (UNSRI), mengikuti Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Sriwijaya ke-1 (Senabatra) 2021, dengan mengusung tema “Bahasa dan Sastra di Era Digital dan Terkoneksi Secara Global”. Diharapkan seminar ini dapat menjadi wadah diskusi dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris, pembelajaran bahasa Indonesia dan sastra. Selain itu, kegiatan akademik ini dapat menjadi inspirasi untuk membuat riset yang lebih baik.

Sebanyak 300 peserta Senabatra 2021 yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP UNSRI secara virtual di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNSRI, Sabtu (30/10). Seminar ini diikuti oleh peserta dari beberapa universitas yang ada di Indonesia dan berbagai jurusan, diantaranya jurusan pendidikan bahasa dan seni, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia.

Senabatra ke-1 ini dibuka oleh Dr. Didi Suhendi, M.Hum. (Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra) mewakili Dekan FKIP UNSRI, Dr. Hartono, M.A.. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan tersebut menyampaikan permintaan maaf Dekan yang sedang berada di luar kota dan berharap seminar berjalan dengan lancar.

Ketua panitia pelaksana, Sary Silvhiany, M.A ., Ph.D menjelaskan, kegiatan seminar ini bertujuan agar dapat menjadi wadah bagi dosen, mahasiswa, dan peneliti bahasa, untuk bertukar pikiran dan berbagai hasil dari penelitian mengenai pendidikan di bidang bahasa.

“Walaupun dalam keterbasan karena masih suasana pandemi covid 19, kita tetap melakukan seminar walaupun secara virtual,” ujarnya usai memandu presentasi pembicara yang pertama dari Jepang, Sabtu (30/10).

Dikatakannya, dalam seminar Senabatra 2021, pihaknya turut mengundang ahli bahasa Inggris, Theron Muller PhD, dari The University Of Toyama, Jepang, Ahli bahasa dan sastra Indonesia, Prof. Dr. Novi Anoegrajekti , M.Hum dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Dr. H. Munir, pembicara dari UIN Raden Fatah Palembang.

Lanjutnya, ia berharap khususnya kepada mahasiswa UNSRI, dengan adanya seminar ini mahasiswa dapat mendapatkan pelajaran yang baru mengenai riset tentang bidang bahasa. Menurutnya, seminar ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UNSRI yang melanjutkan studi S2. Melalui seminar ini, mahasiswa bisa mendapatkan pelajaran baru tentang riset dan bagaimana membuat riset yang lebih baik lagi dari berbagai narasumber.

Di tempat yang sama, Dr. Rita Inderawati MPd, moderator dan juga dosen Pendidikan Bahasa Inggris UNSRI menambahkan, rencananya kegiatan seminar ini akan rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali, selang-seling pelaksanaan seminar jenjang nasional dan internasional. Lebih lanjut Rita menuturkan, pihaknya juga telah mengundang berbagai universitas lainnya yang ada di Indonesia khususnya di Sumsel untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut.

“Nantinya diadakan setiap dua tahun sekali, baik itu nasional maupun internasional,” bebernya.

Ia menambahkan, respons dari peserta yang mengikuti kegiatan seminar ini sangat baik dan antusias. Terlihat dari sangat banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan terkait mengenai pembahasan yang diberikan oleh para pembicara.

“Antusias peserta cukup banyak, sehingga waktu satu jam mungkin tidak cukup untuk memaparkan semuanya,” tukasnya.

Seminar ini juga menghadirkan 30 pemakalah di sesi paralel berasal dari UNSRI (dosen dan mahasiswa), alumni, universitas-universitas lain baik dari Palembang maupun dari provinsi lainnya. (edy)

Sumber: https://sumeks.co/senabatra-unsri-2021-diharapkan-jadi-wadah-inspirasi-pembelajaran-bidang-bahasa/

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 1 =