Perdana di Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unsri: Workshop Pengenalan Teater di Teater Mini

SUMEKS.CO – Sebuah gebrakan baru di awal Desember dilakukan oleh Kepala Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sriwijaya, Dr. Rita Inderawati, M.Pd. Siang itu, Jumat (3/12/2021), Workshop bersama alumni yang mengusung tema “Mengenal Teater Lebih Dekat” dihadiri oleh mahasiswa, alumni, serta masyarakat umum yang berasal dari berbagai kalangan secara daring, namun tetap ada peserta yang hadir terbatas secara luring.

Dalam sambutannya, Kepala Labdik yang baru pertengahan November lalu diangkat oleh Dekan FKIP, Dr. Hartono, M.A. tersebut meneruskan perjuangan kepala lab terdahulu, Dra. Sri Indrawati, Ph.D. dengan menghimbau dan mengajak dosen, mahasiswa serta masyarakat sekolah di seputar kampus khususnya untuk memanfaatkan lab pendidikan bahasa Indonesia untuk kegiatan akademik dan non-akademik. Sedikit Beliau mengulas fasilitas dan sarana yang ada di dalamnya untuk dapat dimanfaatkan.

“Kita sudah difasilitasi laboratorium yang bagus dan lengkap, yah harus digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Ini tentu akan menjadi motor untuk prodi lain agar dapat memanfaatkan laboratorium yang ada,” tutur Rita Inderawati saat diwawancarai di Kampus FKIP Unsri Ogan.

Workshop secara daring dan luring ini bertujuan untuk memberikan pengalaman, motivasi, dan juga pengarahan khususnya kepada peserta yang memiliki minat terhadap seni pertunjukan teater agar lebih mencintai, mendalami, dan menghargai seni bermain peran ini.

“Sangat senang ketika saya diminta untuk berbagi pengalaman di bidang yang saya tekuni. Seperti mengingat kembali masa-masa menjadi mahasiswa yang aktif di UKM Teater Gabi’91. Ini juga merupakan workshop perdana yang dilaksankan di Laboratorium Bahasa Indonesia, yah pokoknya sangat bangga,” ujar Desy Andavianty, S.Pd. yang merupakan narasumber sekaligus alumni Pendidikan Bahasa Indonesia 2016. Kegiatan workshop ini dimoderatori oleh Anisa, salah satu mahasiswa prodi Pendiidkan Bahasa Indonesia yang aktif dengan berbagai aktivitas di kampus.

Workshop ini sangat didukung oleh dekan FKIP Unsri serta para wakil Dekan, Dr. Ismet, Nyimas Aisyah, Ph.D., dan Dr. Riswan. Selain itu, kegiatan ini mendapat respon positif dari peserta, baik dari kalangan mahasiswa ataupun masyarakat umum. Kegiatan ini dinilai memberikan suntikan-suntikan semangat untuk terus berkarya dan melangkah di masa pandemi. Setidaknya, sang narasumber dapat berjumpa dengan adik-adik tingkat serta teman-teman seangkatan yang sudah alumni serta dari Teater GABI’91.

“Salut dengan kegiatan ini. Tidak seperti menggurui, begitu mengalir seperti bercerita tentang hal yang kita sukai. Narasumbernya begitu luwes dan santai hingga nggak terasa udah satu jam di Laboratorium Bahasa. Ruangannya juga sangat nyaman; artistik, simpel, dan bikin nyaman, “ tutup Firdaus, peserta workshop sekaligus mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2020. (aal)

Sumber: https://sumeks.co/perdana-di-laboratorium-pendidikan-bahasa-indonesia-fkip-unsri-workshop-pengenalan-teater-di-teater-mini/

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 4 =