AQAS Lakukan Site Visit di FKIP UNSRI

Lembaga Akreditasi Internasional AQAS (AGENCY for Quality Assurance by Accreditation of Study) melakukan site visit di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya (FKIP UNSRI) untuk klaster pendidikan bahasa yang terdiri dari 3 program studi (Prodi) yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 26 – 28 September 2022. Sebagai informasi AQAS merupakan lembaga independen untuk penjaminan kualitas suatu program studi dan berbasis di Jerman. Lembaga akreditasi internasional ini menilai standar kualitas universitas di dunia berdasarkan standar pendidikan tinggi Eropa.

Rektor UNSRI, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. ASEAN Eng yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. M. Said, MSC dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran tim AQAS dan berharap mendapatkan hasil terbaik untuk klaster Bahasa di FKIP UNSRI. Pada kesempatan itu Prof Said juga menjelaskan sekilas tentang perkembangan Unsri yang saat ini ada 10 fakultas dan 1 program pascasarjana.

Dekan FKIP Unsri, Dr. Hartono, MA menjelaskan bahwa  pada tahun 2020 yang lalu, pihaknya telah menyiapkan dan melengkapi dokumen yang terdiri dari Evaluasi Diri (Self Evaluation Report) dan berbagai lampiran yang diperlukan. Kemudian, pada pertengahan tahun 2021 telah mengirimkan dokumen tersebut ke AQAS yang berkantor di Jerman. “Alhamdulillah tahun 2022 kunjungan AQAS bisa terwujud dan saya sangat senang atas kehadiran tim AQAS ini. Selamat datang di Kota Palembang dan juga selamat datang di kampus Unsri dan kami berharap hasil terbaik dari kunjungan tim AQAS untuk klaster Bahasa, FKIP Unsri,” ujar Dr. Hartono dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Direktur AQAS, Ronny Heintze, M.A. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya dan tim AQAS sangat antusias ingin mengetahui lebih banyak tentang Klaster bahasa yang terdiri dari 3 program studi yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (S-1), Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1), dan Prodi Pendidikan Bahasa (S-2).

Ia juga menyampaikan ucapan terimaksih atas sambutan yang luar biasa dari Unsri, ia sangat senang dapat berjumpa dengan para pimpinan, dosen, mahasiswa, dan stakeholders selama 3 hari penuh dari tanggal 26 hingga 28 September 2022. Menurutnya kunjungan secara langsung ini tentunya akan memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap ketiga prodi di bawah klaster Bahasa bila dibandingkan secara daring.

Tim AQAS yang hadir yaitu, Prof. Dr. Elsa Clave (Profesor bidang Bahasa dan Budaya Asia Selatan, Universitas Harburg, Jerman), Prof. Dr. Didi Suherdi (Profesor bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia), Gunar Yadi, M.A. (Wakil Kepala Sekolah, Sekolah Indonesia di Den Haag, Belanda sebagai perwakilan pasar tenaga kerja), Maria Magdalena Mannai (Mahasiswa S-2 di St. Gallen University of Teacher Education, Swiss sebagai perwakilan mahasiswa), Ngoc Lan Vi Le, M.A. (Konsultan AQAS), dan Ronny Heintze, M.A. (Wakil Direktur AQAS).

Adapun rangkaian acara site visit ini diantaranya dimulai dengan sambutan singkat dari pimpinan Universitas. Kemudian  diskusi internal panel ahli, diskusi dengan Senior Manajemen Universitas dan manajemen dari Fakultas yang berkaitan dengan perguruan tinggi/fakultas/jurusan dan program-programnya. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan visitasi ke perpustakaan Program Pascasarjana, ruang kelas, dan laboratorium yang terletak di FKIP Ogan. Diskusi juga dilakukan dengan Dosen, Mahasiswa, dan stakeholders terkait lainnya. (ARA)

Sumber: https://unsri.ac.id/berita/Isi_berita?id=803

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =