Kuliah Umum “Profesionalitas Guru BK di Era 4.0”

foto : kegiatan berlangsungnya kuliah umum.

foto : kata sambutan dari ibu Minarsi,M.Pd selaku ketua pelaksana.

foto : foto bersama dosen-dosen setelah kegiatan.

Kata sambutan dari ketua pelaksana Ibu Minarsi, M. Pd., Kons. Beliau menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang sudah membantu untuk kelancaran kegiatan pada hari ini kemudian tak lupa juga kita mengucapkan terima kasih kepada narasumber Ibu Sri dokter Anda Sri safarahayu M.Pd kon dalam melaksanakan kegiatan kuliah umum, serta beliau menyampaikan di zaman sekarang guru BK dituntut untuk menjadi orang yang profesional, menjadi orang yang profesional adalah orang yang mampu menguasai, mampu memahami kemudian juga mampu menerapkan kompetensinya, sehingga pelayanan bimbingan konseling dapat dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang telah dikuasainya.

Selanjutnya kata sambutan dari koordinator program studi Bimbingan dan Konseling Ibu Fadhlina Rozzaqyah, S. Pd., M. Pd. Beliau menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini semoga dapat menjadi forum untuk saling menjalin silaturahmi dan saling sharing diskusi terhadap perkembangan keilmuan khususnya di bidang bimbingan dan konseling, dimana era revolusi industri 4.0 merupakan era percepatan pengetahuan itu terjadi secara sangat cepat melalui artificial intelligence maupun internet of thinking jadi pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang pastinya akan mendapatkan dampak dari perubahan industri yang sangat masif ini.

Kata sambutan dari ketua jurusan ilmu pendidikan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Sriwijaya Ibu Prof. Dr. Sri Sumarni, M. Pd. Beliau berharap semoga acara dapat berjalan lancar dan berhasil sesuai dengan apa yang dinginkan serta beliau mengatakan bahwa mahasiswa yang hadir di acara ini, baik luring maupun daring menjadi mahasiswa yang profesional.

Sebelum penyampaian materi bapak Romi Fajar Tanjung, M. Pd. Sebagai moderator menyampaikan biodata dari narasumber berupa CV yang mencantumkan data diri serta rekam jejak yang dimiliki oleh Ibu Dra. Sri Saparahayuningsih, M. Pd., Kons. Yang lahir di bengkulu tahun 1959, 1 September yang menyelesaikan pendidikan sebagai konselor di UNP Padang.

Materi yang dibahas dalam Kuliah umum kali ini Ira profesionalitas guru BK di era 4.0 yang disampaikan oleh Ibu Dra. Sri Saparahayuningsih, M. Pd., Kons.
Di mana era 4.0 ditandai dengan bertambahnya kecepatan koneksi internet dan kegiatan melalui dunia maya. Hal ini menuntut perubahan-perubahan dalam aspek ekonomi pekerjaan ataupun pendidikan. Perubahan kehidupan di era 4.0 berpengaruh pada profesi BK dimana profesi BK harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman era 4.0. Guru BK perlu merenungkan tentang profesionalitas sebagai guru BK di mana kemampuan bertindak secara profesional mengacu pada standar pengetahuan, keterampilan, dan sikap dan perilaku, yang dimiliki serta ditunjukkan oleh guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Guru BK dapat disebut profesional jika memiliki kualifikasi sebagai guru bk ataupun konselor, memiliki kompetensi profesional dan implementasiannya, serta memberikan layanan bk era 4.0 dengan pemanfaatan cyberfisical system.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − three =