Kuliah Umum “Literasi Digital Optimalisasi Media BK”

Foto: Ketua Pelaksana, Ketua Jurusan, Moderator

Program Studi Bimbingan Konseling telah melaksanakan Kuliah Umum Dengan Judul “Literasi DIgital Optimalisasi Media BK” yang diselenggarakan pada tanggal 7 Juni 2022. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd. yang merupakan Dosen Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Negeri Sebelas Maret. Moderator pada kegiatan ini adalah Fadhlina Rozzaqyah, M.Pd. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan FKIP Unsri, Dr. Azizah Husin, M.Pd. Dalam pengarahannya, Ketua Jurusan FKIP Unsri berharap agar kegiatan ini dapat membuat mahasiswa Bimbingan dan Konseling menyukseskan sistem pendidikan terkhusus pada bidang literasi, akademik, karakter, dll.

Dalam pemaparan materinya pemateri (Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd) menyampaikan hal-hal yang sangat menarik terkait media BK diantaranya yaitu :
*Untuk memberikan media BK, perlu mengembangkan 3 hal yaitu :
1. Progressive Matching Environmental, Menyediakan lingkungan yang tepat dan produktif untuk berkembang
2. Prinsip Fleksibilitas, Mengarahkan kebutuhan akan keseimbangan pribadi dan kerja (work-life balance)
3. Eksistensi vs Aktualisasi, Memberikan kesempatan berekspresi dengan peran dan tanggung jawab diri

*5 minds for Future
1. Pikiran Terdisplin (Disciplined Mind), Suatu perilaku kognisi yang mencirikan penguasaan disiplin ilmu utama (termasuk sains, matematika, dan sejarah) dan setidaknya satu keterampilan profesional.
2. Pikiran Menyintesis (Synthesizing Mind) – Kesanggupan untuk memadukan ide-ide dari berbagai disiplin atau bidang yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh dan untuk mengomunikasikan perpaduan itu kepada orang lain.
3. Pikiran Mencipta(Creating Mind) – Kesanggupan untuk menyingkapkan dan memperjelas masalah, pertanyaan, dan fenomena baru.
4. Pikiran Merespek (Respectful Mind) – Kesadaran dan penghargaan terhadap perbedaan di antara umat manusia.
5. Pikiran Etis (Ethical Mind) – Pemenuhan tanggung jawab seseorang sebagai pekerja dan warga yang baik.

Foto :sesi permain oleh pemateri dengan peserta kuliah umum

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =