Kurikulum

Kategori: -

crop-GANCHART-Kurikulum-S2-Pend.-Bahasa_page-0001-2048x1243-1-1024x473.jpg

Struktur Kursus

GIP5101 Filsafat Sains (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat sains dari sudut pandang ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Pengalaman belajar filsafat sains bertujuan untuk membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan dalam kegiatan pengembangan sains dan teknologi pendidikan. Pokok bahasannya meliputi dasar-dasar pengetahuan sains, kerangka berpikir ilmiah, kriteria kebenaran, hakikat bahasa, matematika, dan statistika sebagai sarana berpikir ilmiah, etos sains, serta perkembangan sains dan teknologi dan pengaruhnya terhadap nilai-nilai budaya dan kehidupan bangsa. Dalam proses pembelajaran digunakan metode flipped learning. Mahasiswa membaca dan memahami pokok bahasan dalam silabus sebelum masuk kelas; mahasiswa dan dosen hanya berdiskusi untuk lebih memahami pokok bahasan dalam pertemuan kelas. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes lisan dan/atau tertulis, serta tugas individu dan/atau kelompok berupa paper.

GIG5102 Teori Akuisisi Bahasa dan Komunikasi (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah, metode penelitian, lingkungan, kapasitas dan representasi, serta proses pemerolehan bahasa dan teori komunikasi sebagai bagian dari pemerolehan bahasa melalui pemaparan topik oleh masing-masing mahasiswa dan dilanjutkan dengan forum diskusi kelas yang dipandu oleh dosen. Evaluasi dilakukan melalui rubrik penilaian presentasi yang berfokus pada kesesuaian materi yang disampaikan mahasiswa dengan topik yang ditetapkan. Hasil akhir yang diharapkan dari mata kuliah ini adalah pemahaman mahasiswa terhadap materi atau topik yang telah dibahas bersama dalam bentuk draft paper/esai yang dapat mereka presentasikan dalam forum ilmiah seperti seminar atau publikasi pada jurnal ilmiah terakreditasi Sinta.

GIG5103 Pengembangan Desain Instruksional (3 sks)

Mata kuliah ini membahas topik-topik penting mengenai pengembangan desain instruksional, yaitu: penentuan tujuan instruksional, analisis instruksional (  skill analysis  ), analisis  setting  dan konteks pembelajaran, perumusan tujuan kinerja, pengembangan perangkat penilaian, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan dan pemilihan bahan ajar, pelaksanaan evaluasi formatif, revisi pembelajaran, dan penilaian sumatif. Aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa selama perkuliahan berupa diskusi, tugas terstruktur, dan tugas mandiri sesuai dengan pembagian topik setiap pertemuan. Mata kuliah ini dilakukan oleh mahasiswa dengan menyajikan makalah, diskusi, dan tugas sesuai dengan topik dalam mata kuliah. Selain tugas per topik, mahasiswa juga diharuskan untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Produk yang dihasilkan adalah suatu desain pembelajaran bahasa dan sastra di jenjang pendidikan dasar dan menengah dengan mengikuti prosedur pengembangan yang disarankan oleh Dick, Carey, dan Carey.   

GIG5104 Pengembangan Bahan Ajar (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip, prosedur, kriteria, pemilihan, model pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Selain penguasaan konsep, mahasiswa juga diharapkan dapat berlatih menerapkan konsep-konsep tersebut sehingga terwujud suatu produk bahan ajar. Untuk menambah pengetahuan, mahasiswa juga dituntut untuk mengevaluasi bahan ajar yang telah ada selama ini. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan mahasiswa adalah mengevaluasi bahan ajar dalam bentuk forum diskusi, presentasi, dan workshop yang diterapkan melalui discovery learning, collaborative learning, problem-based learning, dan project/assignment-based learning. Evaluasi dilakukan dengan cara memberikan kuis, presentasi, menulis paper, menemukan kesenjangan antara konsep, teori, prosedur, dan produk bahan ajar sebelumnya dengan yang sekarang. Produk mata kuliah ini berupa paper konseptual dan draft bahan ajar baru yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa.

GIG5105 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan* (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang isu-isu penting dalam bidang pendidikan, seperti kajian kurikulum di Indonesia, pembelajaran abad 21 dengan realitasnya, guru kreatif dalam memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran kontemporer dalam mengatasi permasalahan guru dan capaian belajar siswa, pengembangan struktur berpikir tingkat tinggi (HOTs), kewarganegaraan global dalam pendidikan, pendidikan inklusif, dan isu-isu terkini terkait Pendidikan. Proses pembelajaran menerapkan Flipped learning. Mahasiswa membaca dan memahami topik/isu terpilih dalam silabus sebelum masuk kelas; mahasiswa dan dosen hanya berdiskusi untuk lebih memahami topik pembahasan dalam pertemuan kelas. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes tertulis, tugas individu dan/atau kelompok dalam bentuk makalah. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan draft produk artikel individu/kelompok yang akan dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional terindeks.

GIG5106 Penerjemahan dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra* (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, teori, pendekatan, dan strategi penerjemahan suatu teks dari satu bahasa ke bahasa lain, misalnya bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu menerjemahkan atau mengalihbahasakan teks dan karya sastra pembelajaran bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya. Dalam proses pembelajaran digunakan metode flipped learning. Mahasiswa membaca dan memahami topik-topik yang ada dalam silabus sebelum masuk kelas; mahasiswa dan dosen hanya berdiskusi untuk lebih memahami topik pembahasan dalam pertemuan kelas. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes lisan dan/atau tertulis, serta tugas individu dan/atau kelompok berupa makalah.

GIG5107 Sastra Melayu* (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang sastra Melayu melalui pengenalan berbagai karya sastra Melayu yang meliputi konsep sastra Melayu, ciri-ciri sastra Melayu, teks sastra Melayu, genre sastra Melayu, manfaat sastra Melayu, aliran-aliran sastra Melayu, dan kritik sastra Melayu. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah diskusi, tugas, dan studi kasus. Evaluasi diberikan melalui tes tertulis, presentasi, dan laporan tugas. Produk yang dihasilkan dalam mata kuliah ini adalah karya tulis/artikel dan laporan tugas dalam bentuk tulisan/rekaman video yang bermanfaat untuk pembelajaran sastra Melayu. 

GIP5208 Statistik Pendidikan (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang statistik deskriptif dan inferensial dalam penelitian pendidikan serta kemampuan menganalisis data statistik menggunakan perangkat lunak statistik, seperti Excel, SPSS, SAS, Minitab. Pembelajaran menggunakan metode flipped learning. Mahasiswa membaca dan memahami topik dalam silabus sebelum masuk kelas; mahasiswa dan dosen hanya berdiskusi untuk lebih memahami topik pembahasan dalam pertemuan kelas. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes lisan dan/atau tertulis, serta tugas individu dan/atau kelompok dalam bentuk makalah.

GIG5209 Metode TEFL Kontemporer (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang model-model pembelajaran kontemporer yang mencakup berbagai pendekatan, metode, strategi, atau teknik pengajaran/pembelajaran Bahasa Inggris/Indonesia kontemporer untuk sekolah menengah yang meliputi pengajaran bahasa komunikatif, pengajaran bahasa berbasis kompetensi, pembelajaran berbasis konten, pembelajaran kooperatif, pendekatan berbasis tugas, pendekatan berbasis proyek, pendekatan leksikal, kecerdasan berganda, kelas terbalik, gamifikasi, pembelajaran berbasis masalah, pemikiran desain, pembelajaran berbasis pemikiran, dll. Pembelajaran terbalik digunakan dalam proses pembelajaran. Mahasiswa membaca dan memahami topik-topik dalam silabus sebelum mereka memasuki kelas; mahasiswa dan dosen berdiskusi untuk lebih memahami topik-topik yang dibahas di kelas. Evaluasi pembelajaran melalui tes lisan dan/atau tertulis, dan tugas-tugas individu dan/atau kelompok dalam bentuk makalah.

GIG5210 Evaluasi Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa (3 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang teori-teori pembelajaran dan pembelajaran bahasa, evaluasi keterampilan berbahasa secara umum dan bahasa Inggris secara khusus, pengembangan berbagai tes kemahiran berbahasa, indikator-indikator tes yang baik, dan seluk-beluk penilaian yang berkaitan dengan keterampilan dan aspek-aspek berbahasa. Dalam proses pembelajaran digunakan metode flipped learning. Mahasiswa membaca dan memahami topik-topik dalam silabus sebelum masuk kelas; mahasiswa dan dosen hanya berdiskusi untuk lebih memahami topik pembahasan dalam pertemuan kelas. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes lisan dan/atau tertulis, serta tugas-tugas individu dan/atau kelompok dalam bentuk paper.

GIG5211 Metode dan Etika Penelitian serta Publikasi Ilmiah (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk mengkaji, menulis laporan dan hasil penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Inggris/Indonesia, etika dalam melakukan penelitian dan publikasi ilmiah. Mata kuliah ini membahas pokok bahasan tentang prinsip dan tata cara penelitian bahasa dan sastra, bidang-bidang penelitian bahasa dan sastra, teknik pengumpulan dan analisis data, penyusunan proposal penelitian, dan penyusunan laporan penelitian, etika dalam melakukan penelitian dan publikasi ilmiah. Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk tugas individu dengan menganalisis minimal 20 artikel penelitian yang terkait dengan topik yang diminati dan tugas individu dalam menyusun proposal penelitian akhir (tesis). Produk akhir mata kuliah ini adalah mahasiswa menghasilkan draft proposal penelitian untuk proyek akhir (tesis).

GIG5212 Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan* (2 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang teori-teori tentang kepemimpinan, gaya-gaya kepemimpinan, kepemimpinan dan manajemen, konsep-konsep tentang pendidikan, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, peran dan tugas kepala sekolah sebagai pemimpin organisasi pendidikan dan kasus-kasus aktual yang berkaitan dengan kepemimpinan dan manajemen pendidikan. Untuk memahami teori dan konsep, mahasiswa membaca berbagai referensi dan menulis makalah serta melakukan penelitian sederhana tentang kepemimpinan dan manajemen yang dilakukan di sekolah dengan melihat kondisi aktual di sekolah masing-masing dan dipaparkan di kelas. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah diskusi, penugasan, studi kasus. Evaluasi diberikan melalui tes tertulis, presentasi, dan laporan tugas. Produk yang dihasilkan dalam mata kuliah ini adalah makalah, artikel dan laporan penelitian sederhana tentang kepemimpinan dan manajemen pendidikan.

GIG5213 Pengajaran Bahasa Indonesia kepada Penutur Bahasa Asing* (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar pengajaran BIPA: silabus, bahan ajar (pengetahuan bahasa, keterampilan bahasa, dan persoalan keindonesiaan), karakteristik dan tingkatan pembelajar BIPA, pendekatan/metode/teknik, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran BIPA, serta implementasi konsep. -Konsep dasar pengajaran BIPA dalam bentuk pengalaman praktis-empiris, baik dalam situasi nyata maupun tiruan (simulasi). Untuk memahami prinsip-prinsip dasar tersebut, mahasiswa membaca berbagai referensi dan menulis makalah serta melakukan penelitian sederhana tentang pengajaran BIPA, menyusun RPS pembelajaran BIPA dalam bentuk pembelajaran nyata atau simulasi. Metode pembelajaran dalam bentuk diskusi, penugasan, dan studi kasus. Evaluasi diberikan melalui tes tertulis, presentasi, dan laporan penugasan. Produk yang dihasilkan dalam mata kuliah ini adalah makalah/artikel dan laporan penugasan dalam bentuk rekaman video simulasi pembelajaran BIPA.

GIG5214 Apresiasi dan Pengajaran Sastra* (2 sks)

Mata kuliah ini membahas dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengkaji karya sastra dalam pembelajarannya melalui berbagai pendekatan dan teori. Teori-teori yang dibahas meliputi: strukturalisme, stilistika, semiotika, respon pembaca, intertekstualitas, ekologi sastra, dan kritik sastra feminis. Teori-teori tersebut dikaitkan dengan aplikasi dalam kajian karya sastra dan penerapannya dalam proses pembelajaran sastra. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama perkuliahan berupa diskusi, tugas terstruktur, dan tugas mandiri sesuai dengan pembagian topik setiap pertemuan. Mata kuliah ini dilakukan oleh mahasiswa dengan menyajikan makalah, diskusi, dan tugas sesuai dengan topik dalam mata kuliah. Selain tugas per topik, mahasiswa juga diharuskan untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Produk yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaran dengan teori sastra terpilih.     

GIG6115 Analisis Wacana dan Pragmatik (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas topik-topik penting tentang wacana bahasa Inggris/Indonesia, seperti pengertian dan jenis-jenis wacana, topik-topik wacana, kohesi dan koherensi, tindak tutur, praanggapan, implikatur, analisis wacana lisan dan tulis, serta analisis wacana kritis. Pembelajaran menggunakan metode flipped learning. Mahasiswa membaca dan memahami topik-topik dalam silabus sebelum masuk kelas; mahasiswa dan dosen hanya berdiskusi untuk lebih memahami topik pembahasan dalam pertemuan kelas. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes lisan dan/atau tertulis, serta tugas individu dan/atau kelompok dalam bentuk makalah.

GIG6116 Studi Independen (3 sks)

Mata kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bekerja di bawah bimbingan/supervisi dosen dalam mengeksplorasi ide-ide yang berkontribusi terhadap penelitian atau mengembangkan proyek yang dapat mendukung rencana penelitian mereka. Studi independen ini juga dapat berupa mempelajari analisis metodologi tertentu yang belum dibahas secara mendalam dalam mata kuliah metodologi penelitian, dan proses penulisannya untuk dipublikasikan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diminta untuk menyerahkan proposal tertulis satu atau dua halaman kepada dosen pada minggu pertama yang mengacu pada ruang lingkup tugas, kegiatan penugasan, jumlah pertemuan, tanggal penyelesaian, dan produk yang dihasilkan. Di akhir perkuliahan, mahasiswa menghasilkan produk yang telah direncanakan di awal semester. Produk dapat berupa makalah konseptual, analisis metodologis, dan/atau draf artikel untuk dipublikasikan.

GIG6017 Tesis (6 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang perencanaan dan pelaksanaan penelitian terhadap suatu permasalahan di bidang peminatan mahasiswa, serta penulisan laporan dalam bentuk tesis di bawah arahan dan penilaian pembimbing yang ditunjuk. Setiap mahasiswa dibimbing oleh dua orang pembimbing tesis, yaitu pembimbing utama dan pembimbing pembantu. Proses pembimbingan terdiri dari beberapa tahap, yaitu penentuan topik/judul penelitian, penulisan proposal penelitian, penentuan alat ukur pengumpulan data penelitian, pengumpulan data penelitian, analisis data penelitian, dan penulisan laporan penelitian dalam bentuk tesis. Termasuk dalam kegiatan ini adalah kewajiban menyampaikan hasil penelitian dalam forum ujian tesis yang dihadiri oleh pembimbing tesis dan penguji tesis. Metode pembimbingan berupa pemberian umpan balik dan saran terhadap kemajuan setiap tahapan yang dilakukan mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan menulis draft laporan penelitian/tesis. Produk yang dihasilkan dari mata kuliah ini berupa draft tesis yang siap diujikan di hadapan dewan penguji dan artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah terakreditasi Sinta.